PENGARUH TERPAAN RUBRIK HEROES AMONG US TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kuantitaif antara Rubrik Heroes Among Us dalam Majalah HAI dengan Tingkat Pengetahuan Kewirausahaan di Kalangan Siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto Yogyakarta)

Surandari, Woro Agustin (2013) PENGARUH TERPAAN RUBRIK HEROES AMONG US TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kuantitaif antara Rubrik Heroes Among Us dalam Majalah HAI dengan Tingkat Pengetahuan Kewirausahaan di Kalangan Siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03117.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03117.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03117.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Majalah sebagai salah satu produk media massa cetak yang mempunyai peran dalam mempengaruhi sikap dan cara pandang khalayaknya mengenai suatu hal. Heroes Among Us, sebagai salah satu rubrik yang terdapat dalam satu-satunya majalah remaja pria di Indonesia, HAI, mampu memberikan informasi mengenai wirausaha muda / youth entrepreneur kepada siswa SMA yang notabenenya adalah cikal bakal penerus bangsa. Adanya pengaruh terpaan media juga didukung dengan adanya beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini akan menguji benarkah terpaan media berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara rubrik Heroes Among Us dalam majalah HAI terhadap tingkat pengetahuan kewirausahaan di kalangan siswa kelas XII SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah adalah siswa kelas XII SMA Kolese De Britto Yogyakarta dan jumlah sampel yang diambil adalah 70 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan untuk uji hipotesis digunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas terpaan pemberitaan rubrik Heroes Among Us majalah HAI pada responden adalah sedang (72,86 %), disusul tinggi (25,71%), dan rendah (1,43%), (2) mayoritas tingkat pengetahuan kewirausahaan pada siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto adalah sedang (51,43 %) dan tinggi (48,57%); (3) hasil uji hipotesis dengan korelasi produk moment, menunjukkan bahwa rhitung (0,073) < rtabel (0,232), sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara rubrik Heroes Among Us dalam majalah HAI dengan tingkat pengetahuan kewirausahaan di kalangan siswa kelas XII SMA Kolese De Britto Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:11
Last Modified: 11 Apr 2013 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item