Setyawan, Stefanus Albert (2022) DIGITAL MARKETING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN ORDER RESTORAN RAJA KEPITING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Stefanus Albert Setyawan)
18 06 09606 0.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09606 1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09606 2.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text
18 06 09606 3.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text
18 06 09606 4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
18 06 09606 5.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
18 06 09606 6.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text
18 06 09606 7.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text
18 06 09606 8.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
18 06 09606 9.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Raja Kepiting merupakan salah satu restoran yang terletak di Kabupaten Sukoharjo yang dekat dengan Kota Solo. Raja Kepiting menjual berbagai masakan sea food dan chinese food dengan salah satu menu favoritnya adalah kepiting. Sejak tahun 2013 hingga saat penelitian dilakukan, Raja Kepiting mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan wawancara dan penggalian masalah, ditemukan bahwa Raja Kepiting telah melakukan perpindahan tempat sebanyak empat kali dan banyak langganan yang tidak tahu perpindahan tempat tersebut. Terdapat juga pelanggan yang menyarankan adanya inovasi produk. Berdasarkan penggalian masalah dan tinjauan pustaka, ditemukan tiga alternatif solusi yaitu melakukan inovasi produk, customer relationship management, dan digital marketing. Setelah melalui berbagai analisis dan diskusi dengan pemilik, solusi digital marketing dipilih untuk dilakukan. Penelitian dilakukan dengan metode regresi berganda dengan dua model terpisah yaitu model brand awareness (BA) dan buying decision (BD). Model BA yang terdiri dari variabel penggunaan media sosial, electronic word of mouth, endorser, dan iklan digunakan untuk merancang tata kelola digital marketing sedangkan model BD yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat, dan layanan digunakan untuk mengetahui muatan konten digital marketing. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial mempengaruhi brand awareness sedangkan produk dan harga mempengaruhi buying decision. Hasil penelitian tersebut digunakan sebagai dasar perancangan strategi dan konten digital marketing yang dilaksanakan selama dua minggu. Implementasi yang dilakukan menunjukkan kenaikan insight Instagram dari jumlah likes terbanyak 21 menjadi 80 dan views video dari 248 menjadi 4.227 serta kenaikan penjualan sebesar 40,61% sehingga disimpulkan bahwa digital marketing merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan Restoran Raja Kepiting.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital marketing, regresi berganda, brand awareness, buying decision,restoran |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 11:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 11:14 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27807 |
Actions (login required)
View Item |