FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN RUMAH INTI TUMBUH BERDASARKAN SIKLUS HIDUP KELUARGA (HOUSING CAREER) Studi Kasus di Perumnas Condongcatur Yogyakar

Wuriandono, Martinus Rio (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN RUMAH INTI TUMBUH BERDASARKAN SIKLUS HIDUP KELUARGA (HOUSING CAREER) Studi Kasus di Perumnas Condongcatur Yogyakar. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Martinus Rio Wuriandono)
205403374_Bab 0.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205403374_Bab 1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205403374_Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
205403374_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
205403374_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
205403374_Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan manusia dalam memotivasi kehidupan yang lebih baik dan ideal. Dilihat dari fungsi rumah bukan hanya menjaga dari cuaca hujan maupun panas, tetapi memberikan rasa tenang, bahagia dan memberikan kenangan akan segala peristiwa di dalam kehidupan pemilik rumah. Rumah inti tumbuh merupakan salah satu cara yang tepat dan ringan dari sisi biaya untuk membangun rumahnya sendiri secara berangsur. Dengan keterbatasan ruang yang diberikan oleh aktor pengembang perumahan yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan kamar mandi atau water closet (wc) sering menjadi keinginan bagi pemilik rumah untuk melakukan renovasi. Siklus hidup keluarga (Housing Career) merupakan salah satu siklus hidup dalam membina keluarga, 5 fase tersebut adalah (1) fase sebelum memiliki anak (single) (2) fase menikah & melahirkan anak (3) fase membesarkan anak, (4) fase dewasa dan meninggalkan orang tua (5) fase masa tua. Sehingga tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi perubahan rumah inti tumbuh berdasarkan siklus hidup keluarga (housing career). Hal ini dilakukan berdasarkan karakteristik dari usia, status pernikahan dan kapasitas keluarga. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data primer diperoleh dengan wawancara serta observasi lapangan, sedangkan dalam pengumpulan data sekunder dilakukan studi literatur. Responden dilakukan di Perumnas Condongcatur sebanyak tiga puluh responden tangan pertama generasi pertama maupun generasi kedua dilakukan analisa (back trajectory) yang telah dihuni sejak tahun 1978. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor usia dari pemilik rumah, usia anak, dan usia membeli rumah dan usia melakukan perubahan. Selain itu kapasitas keluarga didalam rumah serta pendidikan menjadi selah satu yang mempengaruhi perubahan rumah inti. Siklus fase ketiga membesarkan anak lebih banyak mempengaruhi perluasan di area belakang dengan fungsi ruang tidur dan ruang service yang meliputi ruang dapur, kamar mandi dan ruang cuci jemur hal ini disebabkan pola ruang yang tidak nyaman hal ini dapat mempengaruhi dampak secara ekologis, utilitas, struktur maupun kenyamanan penghuni.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: housing careers), rumah inti tumbuh
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Nov 2022 09:58
Last Modified: 08 Nov 2022 09:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27824

Actions (login required)

View Item View Item