SURYATAMA, YOHANES HENDRI (2022) PENGARUH TERPAAN INFORMASI DARI AKTIVITAS MENONTON INSTA STORY TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA PENONTON INSTA STORY (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tentang Pengaruh Terpaan Informasi dari Aktivitas Menonton Insta Story terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Penonton Insta Story di Kalangan Mahasiswa di Wilayah DKI Jakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (YOHANES HENDRI SURYATAMA)
170906312 0.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
170906312 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
170906312 2.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
170906312 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
170906312 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia, jumlah pengguna internet terbilang fantastis. Menurut data dari APJII tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 54,69% dari total populasi, atau sebanyak lebih dari 142 juta orang. Internet memiliki sejumlah kegunaan, salah satu di antaranya adalah sebagai alat berkomunikasi melalui media sosial. Berdasarkan data Hootsuite tahun 2020, sebanyak 160 juta dari 175,4 pengguna internet adalah pengguna media sosial (Haryanto, 2020). Artinya, sebanyak lebih dari 91% pengguna internet adalah pengguna media sosial. Salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia adalah Instagram. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh Instagram, salah satunya adalah Insta Srory. Sayangnya, Instagram disebut-sebut sebagai media sosial yang memberikan dampak paling buruk terhadap kesehatan mental bagi para penggunanya. Hal ini dibuktikan dari laporan survei terhadap 1.479 responden berusia 14-24 tahun oleh lembaga penelitian asal Inggris, yaitu Royal Society for Public Health (Kirnandita, 2017). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi dari aktivitas menonton Insta Story dengan tingkat kepercayaan diri penonton Insta Story. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability atau lebih tepatnya adalah teknik judgemental sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 96 pengguna Instagram dengan kriteria dalam rentang usia 18-24 tahun, mahasiswa, dan berdomisili di DKI Jakarta. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan dari intensitas terpaan informasi dari aktivitas menonton Insta Story terhadap tingkat kepercayaan diri penonton Insta Story, serta sifat dari hubungannya adalah negatif. Serta dinyatakan bahwa intensitas terpaan informasi dari aktivitas menonton Insta Story dapat memberikan pengaruh negatif pada tingkat kepercayaan diri penonton Insta Story, yaitu sebesar 4,8%. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa intensitas terpaan informasi memberikan pengaruh yang kecil namun signifikan terhadap tingkat kepercayaan diri penonton.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Insta Story, intensitas terpaan informasi, tingkat kepercayaan diri |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 09:54 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 09:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27843 |
Actions (login required)
View Item |