Warasenjaya, I Gede Pasek Ananda (2022) PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI UMKM X, DENPASAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (I Gede Pasek Ananda Warasenjaya)
18 06 10023 0.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 10023 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 10023 2.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
18 06 10023 3.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
18 06 10023 4.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
18 06 10023 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
18 06 10023 6.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
|
Text
18 06 10023 7.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
UMKM X merupakan usaha kuliner yang menjual makanan barat dengan menu utama yaitu Iga babi bakar. Permasalahan utama yang terjadi adalah penurunan penjualan selama enam bulan terakhir di mana penurunan penjualan yang terjadi sebesar 34%. Dari hasil pemetaan akar masalah dengan menggunakan Diagram Fishbone diperoleh dua akar penyebab masalah yaitu “Promosi” dan Inovasi “Produk”. Selanjutnya dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), didapatkan masalah yang akan diprioritaskan untuk diselesaikan, yaitu Promosi. Berdasarkan diskusi dengan pemilik, maka diperoleh dua alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan mengenai Promosi yaitu 1) Merancang strategi promosi menggunakan media sosial; 2) Menerapkan program loyalti customer. Selanjutnya dengan menggunakan metode AHP diperoleh satu usulan solusi yang terpilih yaitu merancang strategi promosi menggunakan media sosial. Selanjutnya usulan tersebut akan dirancang dan kemudian diimplementasikan. Perancangan strategi promosi dimulai dari merancang ulang desain logo dengan menggunakan design brief sebagai tolak ukur untuk mendesain ulang desain logo. Setelah didapatkan referensi dari design brief, dilakukan perancangan desain logo dan menghasilkan tiga alternatif desain. Dari ketiga desain tersebut akan dipilih satu desain yang akan digunakan sebagai logo baru. Setelah perancangan logo, tahapan selanjutnya adalah melakukan brainstorming mulai dari penyusunan kalender konten hingga konten yang akan diimplementasikan. Implementasi dilakukan selama tujuh hari selama pada tanggal 11-16 Juli 2022 pada Instagram UMKM. Dari hasil implementasi didapatkan peningkatan yang cukup siginifikan pada insight dan engagement. Terjadi peningkatan sebesar 261% pada insight dibandingkan dengan satu minggu sebelum implementasi dan terjadi peningkatan followers sebanyak 12 followers baru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penurunan Penjualan, Strategi Promosi, Media Sosial, Logo, AHP, Promosi |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:44 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27874 |
Actions (login required)
View Item |