Perceptual Mapping Layanan Food Delivery Berdasarkan E-Service Quality (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Konsumen Generasi Z di Yogyakarta atas GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood)

ANJARINI, THEODOTA FERNANDA DIAN (2022) Perceptual Mapping Layanan Food Delivery Berdasarkan E-Service Quality (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Konsumen Generasi Z di Yogyakarta atas GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (THEODOTA FERNANDA DIAN ANJARINI)
180906526 0.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906526 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906526 2.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text
180906526 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906526 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran internet dan smartphone banyak membawa pengaruh bagi kehidupan seseorang, lebih dari pada itu fungsinya dapat mengubah cara seseorang dalam memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan berbelanja yang dimudahkan dengan cara online yang membuat semua serba praktis dan dapat diakses kapan pun, selain itu juga kemudahan untuk memesan dan menikmati makanan kesukaan tanpa harus pergi jauh. Survei yang dilakukan oleh CLSA Indonesia, selama masa pandemi Covid-19 dari 450 responden, sebanyak 70% diantaranya lebih menyukai untuk memesan makanan secara online ketimbang sebelum adanya pandemi Covid-19 ini. Ketatnya persaingan yang ada membuat ketiga layanan food delivery yang mendominasi pasar Indonesia yaitu Grab Food, Go-Food, dan Shopee Food gencar melakukan strategi pemasaran pada layanannya dan meningkatkan kualitas layanannya. Hasil penelitian diharapkan bisa menunjukkan apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari setiap masing-masing layanan food delivery yang nantinya dapat dijadikan evaluasi oleh perusahaan dari layanan food delivery tersebut. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner kepada 100 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan yakni generasi Z di Yogyakarta yang pernah menggunakan aplikasi food delivery Grab Food, Go-Food dan Shopee Food. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis arithmetic mean dan perceptual mapping. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Grab Food merupakan layanan food delivery yang memiliki persepsi paling baik menurut pengguna berdasarkan kualitas layanan online (e-service quality) dibandingkan dengan kedua layanan food delivery lainnya. Lalu pada peringkat kedua terdapat layanan Shopee Food yang masih unggul dari Go-Food di beberapa atributnya. Pada posisi terakhir terdapat Go-Food yang memiliki persepsi paling buruk menurut penggunanya sehingga perlu meningkatkan kualitas layanannya secara keseluruhan karena berada pada posisi terbawah hampir di setiap atribut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Food Delivery, Perceptual Mapping, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2022 10:27
Last Modified: 11 Nov 2022 10:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27896

Actions (login required)

View Item View Item