EFEKTIVITAS TRANSMART HOME DAILIVERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TRANSMART DI ERA PANDEMI COVID-19

Harharina, Grace Geva (2022) EFEKTIVITAS TRANSMART HOME DAILIVERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TRANSMART DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Grace Geva Harharina)
17 09 06433 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06433-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
17 09 06433-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
17 09 06433-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06433-4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 memiliki dampak signifikan terhadap penggunaan ecommerce di dunia, terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri, tingkat pengguna e-commerce mencapai 88,1% pada tahun 2020 dimana angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa ecommerce merupakan media promosi yang potensial digunakan oleh berbagai pelaku bisnis, termasuk sektor industri ritel. Ritel tengah mengalami penurunan performa sejak tahun 2013 dan semakin terdampak ketika kemunculan pandemi COVID-19. Oleh karena itu, peritel diharapkan untuk mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perilaku konsumen mereka di era pandemi COVID-19 ini, salah satu peritel yang menerapkan e-commerce sebagai media promosi mereka adalah Transmart. Transmart Home Dailivery diluncurkan oleh Transmart sebagai media promosi mereka di tahun 2020 pada saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektitivas Transmart Home Dailivery sebagai media promosi Transmart di era pandemi COVID-19. Pendekatan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei melalui instrument kuesioner, dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling kepada 400 responden yang merupakan konsumen Transmart Indonesia yang pernah berbelanja di Transmart Indonesia pada tahun 2021. Kuesioner yang disebarkan kemudian diuji validitas dan reliabilitas, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan Customer Response Index yang dimodifikasi dengan model AISAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transmart Home Dailivery sebagai media promosi Transmart di era pandemi COVID-19 dinilai belum efektif sampai pada tahap share, dengan nilai CRI AISAS sebesar 25%, CRI AIS sebesar 35%, CRI AISS sebesar 26%, dan CRI AIAS sebesar 34%. Hasil perhitungan keempat model tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa Transmart Home Dailivery belum efektif digunakan untuk menjadi media promosi dari Transmart karena hasil perhitungan CRI menunjukkan nilai yang lebih rendah daripada komponen pada dimensi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-commerce, Transmart Home Dailivery, Customer Response Index, AISAS
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:39
Last Modified: 14 Nov 2022 08:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27904

Actions (login required)

View Item View Item