IF DAN KEPUASAN VIEWERS MENONTON CHANNEL RADITYA DIKA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Viewers Dalam Menonton “Webseriesnya Radit” di Channel YouTube Raditya Dika)

LIEM, MICHAEL WIRAWAN (2022) IF DAN KEPUASAN VIEWERS MENONTON CHANNEL RADITYA DIKA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Viewers Dalam Menonton “Webseriesnya Radit” di Channel YouTube Raditya Dika). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MICHAEL WIRAWAN LIEM)
180906705 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906705 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906705 2.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
180906705 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906705 4.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan viewers dalam menonton “Webseriesnya Radit” di Channel YouTube Raditya Dika, dimana konten “Webseriesnya Radit” menjadi trending peringkat 7 di YouTube. Motif merupakan sesuatu yang dapat menyebabkan individu untuk melakukan suatu kegiatan tertentu, kepuasan merupakan perasaan senang seseorang terhadap suatu produk yang sesuai dengan harapannya. Pada dasarnya motif merupakan sebuah dorongan untuk mencapai sebuah tujuan atau mencari kepuasan. Dengan adanya motif (Gratification Sought) dan kepuasan (Gratification Obtained) dapat menjadi pendorong bagi individu untuk mengkonsumsi video atau konten yang ada di YouTube khususnya konten pada “Webseriesnya Radit”. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator yang diambil dari jurnal Gary dan Paul yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan. Metode dalam penelitian ini adalah survei, dengan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji-T berpasangan, serta analisis gap untuk melihat kesenjangan antar variabel dan juga indikator. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa viewers mendapatkan kepuasan karena total mean rata-rata GS (Gratification Sought) lebih kecil dari total mean rata-rata GO (Gratification Obtained), yaitu mean GS sebesar 3.62 dan mean GO sebesar 3.65. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motif tertinggi adalah indikator hiburan dan relaksasi, persahabatan, mencari informasi, dan hubungan antar-pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Viewers, Webseriesnya Radit, Channel YouTube Raditya Dika
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 12:52
Last Modified: 15 Nov 2022 12:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item View Item