TAKTIS KOMUNIKASI REFLY HARUN DALAM MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING SEBAGAI AHLI HUKUM TATA NEGARA

Vidianti, Dica Herra (2022) TAKTIS KOMUNIKASI REFLY HARUN DALAM MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING SEBAGAI AHLI HUKUM TATA NEGARA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dica Herra Vidianti)
185502871_Bab 0.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502871_Bab 1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502871_Bab 2.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
185502871_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
185502871_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
185502871_Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena ketika siapapun bisa jadi youtuber. Berangkat dari berbagai background seperti artis, musisi, politik, ekonomi, hukum, dan sebagainya, mereka mulai mencoba platform youtube untuk membuat konten yang menarik dengan tujuan mendatangkan banyak viewers. Hal ini menyebabkan, personal branding seseorang bisa berubah, sesuai dengan konten yang disajikan. Refly harun sebagai Ahli Hukum Tata Negara, sering menjadi narasumber untuk dimintai keterangan ahli sebagai Ahli Hukum Tata Negara contohnya di talkshow debat politik, Indonesia Lawyers Club. Disaat Refly Harun memiliki channel youtube sendiri, personal branding sebagai Ahli Hukum Tata Negaranya menjadi luntur. Konten Refly Harun yang ada di youtube, membuat Refly Harun lebih dikenal sebagai seorang pengamat politik, ataupun seorang youtuber. Penelitian ini dilakukan untuk melihat taktis yang digunakan oleh Refly Harun untuk mempertahankan personal branding nya sebagai Ahli Hukum Tata Negara. Penelitian ini menggunakan model komunikasi Laswell, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi, untuk melihat suatu peristiwa secara netral. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara mendalam pada subjek penelitian Refly Harun, dan sahabat Refly Harun yang bernama ES dan HN. Data lainnya dikumpulkan dengan observasi tidak terstruktur melalui buku yang berjudul Life Begins at Fifty milik Refly Harun dan channel youtube Refly Harun, yang bernama Refly Harun channel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Refly Harun dapat mempertahankan personal branding nya sebagai seorang Ahli Hukum Tata Negara menggunakan beberapa taktis komunikasi sebagai strateginya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Refly Harun, Personal Branding, Taktis Komunikasi, Ahli Hukum Tata Negara, Youtube
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Nov 2022 14:08
Last Modified: 16 Nov 2022 14:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item View Item