ADAPTASI CREDIT UNION AIN HOV AIN DI MASA PANDEMI COVID-19

JANWARIN, MARIA HERVINA (2022) ADAPTASI CREDIT UNION AIN HOV AIN DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARIA HERVINA JANWARIN)
151005777 0.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151005777 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151005777 2.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
151005777 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img]
Preview
Text
151005777 4.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penyebaran COVID-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial di Kabupaten Maluku membawa beberapa perubahan eksternal yang menyebabkan permasalahan yang dialami CU Ain Hov Ain. Dimana perubahan eksternal tersebut menyebabkan terjadinya perubahan internal terhadap pola kerja pelayanan CU Ain Hov Ain dan kondisi ekonomi para anggotanya, yang mengakibatkan kerugian finansial bagi CU Ain Hov Ain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait apa saja bentuk adaptasi serta bagaimana proses adaptasi yang dilakukan oleh CU Ain Hov Ain di masa pandemi COVID-19, dengan menggunakan konsep kemampuan adaptasi dan tahap-tahap adaptasi yang di dalamnya mengkaji bentuk-bentuk dan proses adaptasi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga peneliti melakukan interpretasi atas data yang terkumpul. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara dengan para informan yang terlibat langsung dan memiliki wewenang dalam pelaksanaan adaptasi di CU Ain Hov Ain, yang didukung oleh data historis, dokumen, dan laporan yang peneliti buat selama melaksanakan magang di CU Ain Hov Ain, sebagai data sekunder. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Bentuk-bentuk adaptasi yang dilakukan oleh pengelola CU Ain Hov Ain di masa pandemi COVID-19 yaitu: melakukan perubahan kebijakan dan operasional, yang terdiri dari: a) perubahan pola kerja pelayanan, b) perubahan kebijakan kredit anggota; menciptakan inovasi usaha; dan menerapkan digitalisasi layanan keuangan dan promosi. 2) Proses adaptasi yang dilakukan oleh pengelola CU Ain Hov Ain di masa pandemi COVID-19 yaitu: menyadari adanya perubahan dan permasalahan yang dialami CU Ain Hov Ain di masa pandemi COVID-19, yang terdiri dari: a) penutupan pelayanan di kantor CU Ain Hov Ain, b) menurunnya jumlah anggota dan meningkatnya kredit lalai; mempersiapkan kebutuhan dalam menghadapi perubahan di masa pandemi COVID-19, yang terdiri dari: a) menyediakan fasilitas penunjang operasional, b) mengeksplor potensi atau peluang bisnis baru, c) mengikuti program pelatihan pengembangan kapasitas; menerapkan tindakan adaptasi yang ditargetkan; serta melakukan evaluasi, berbagi pengetahuan dan menyesuaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Credit Union, Adaptasi, Perubahan, COVID-19, Bentuk dan Proses Adaptasi.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Nov 2022 09:21
Last Modified: 17 Nov 2022 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item View Item