Deria, Audrey Desi (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP 6 BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN, YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Audrey Desi Deria)
171006225 0.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
171006225 1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
171006225 2.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text
171006225 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
||
|
Text
171006225 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Strategi Bertahan Hidup 6 Buruh Gendong di Pasar Giwangan, Yogyakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan diperoleh dengan menggunakan teknik snowballing dan informan dalam penelitian ini adalah 6 anggota buruh gendong dari Paguyuban Sayuk Rukun di Pasar Giwangan. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi data sekunder. Data terkumpul ditrianggulasi, dipilah, direduksi, diinterpretasi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Dampak dari pandemi tersebut para buruh gendong mengalami penurunan pembeli yang mengakibatkan turunnya pendapatan yang mereka dapatkan. Hal ini membuat para buruh gendong harus memikirkan strategi agar mereka tetap dapat bertahan hidup. Strategi yang mereka lakukan untuk bertahan hidup adalah pertama, mencari pekerjaan sampingan dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki (seperti menjadi tukang pijat panggilan) dan kerjasama membantu suami berjualan, kedua, melakukan pola hidup hemat pada aspek sandang, pangan, kesehatan dan pendidikan, dan ketiga, meminjam dana simpan pinjam pada paguyuban.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, bertahan hidup, buruh gendong, pandemi covid-19. |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 12:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 12:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27969 |
Actions (login required)
View Item |