Regi, Aurindra (2022) STRATEGI DAN PROSES SOSIAL SMP TUNAS JAKASAMPURNA DALAM PENERIMAAN MURID BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Aurindra Regi)
171006267 0.pdf Download (891kB) | Preview |
|
|
Text
171006267 1.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
171006267 2.pdf Download (794kB) | Preview |
|
Text
171006267 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
||
|
Text
171006267 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
171006267 3.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 membuat kegiatan sosial menjadi terbatas. Aturan dari pemerintah yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jaga jarak agar rantaian penyebaran virus tidak meluas. Hal ini berpengaruh juga terhadap lembaga di bidang pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan suatu organisasi yang menghasilkan suatu jasa pendidikan kemudian dibeli oleh konsumen (masyarakat). Sehingga, kegiatan pemasaran atau promosi harus dijalankan. SMP Tunas Jakasampurna harus memiliki sebuah strategi yang baru dibandingkan sebelumnya agar tetap bisa menerima murid baru di masa pandemi Covid-19. Namun, disamping itu penulis ingin mengetahui proses sosial yang terjadi antar tim Divisi Marketing bersama dengan guru SMP Tunas saat menyusun dan menjalankan strategi SMP Tunas dalam penerimaan murid di masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui strategi Sekolah SMP Tunas Jakasampurna dalam penerimaan murid baru di tengah pandemi Covid-19, (2) Untuk mengetahui proses sosial di dalam Sekolah SMP Tunas Jakasampurna dalam menyusun strategi untuk penerimaan murid baru, (3) Untuk mengetahui proses sosial di dalam Sekolah Tunas Jakasampurna dalam menjalankan strategi untuk penerimaan murid baru. Dalam mencapai tujuan di atas, penulis melakukan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi yang dilakukan oleh SMP Tunas Jakasampurna dalam memperoleh murid baru di masa pandemi dengan memanfaatkan media sosial dan penawaran potongan harga, (2) proses sosial di dalam SMP Tunas Jakasampurna antar tim Divisi Marketing dan guru SMP Tunas dalam menyusun strategi berbasis pada relasi hubungan sosial yang baik dengan sesama karyawan Sekolah Tunas Jakasampurna serta interaksi antar sesama karyawan Sekolah Tunas Jakasampurna yang kondusif, (3) proses sosial dalam menjalankan strategi dalam penerimaan murid baru dilakukan dengan menjaga sikap saling menghargai antar karyawan Tunas Jakasampurna, menghormati dengan segala keputusan yang ada di dalam kelompok dan melaksanakan evaluasi setelah menjalankan strategi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, proses sosial, relasi sosial |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 13:23 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 13:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27973 |
Actions (login required)
View Item |