ANALISIS TINGKAT PELAYANAN OJEK ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI YOGYAKARTA

Kinadaman, Reinardus (2022) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN OJEK ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Reinardus Kinadaman)
140215418_Bab 0.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215418_Bab 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215418_Bab 2.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215418_Bab 3.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
140215418_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
140215418_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
140215418_Bab 6.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Salah satu jasa yang masih banyak berjalan di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Yogyakarta adalah jasa ojek online. Peraturan baru dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dikeluarkan oleh negara yang diterapkan oleh ojek online sudah mulai diterapkan. Dengan menimbang terhadap peraturan lama yang mengatur ojek online yang selama ini diterapkan dan tambahan dari peraturan baru yang sudah mulai diterapkan, maka perlu dilakukannya penelitian tentang tingkat pelayanan ojek online selama masa pandemi di Yogkarta untuk mengetahui aspek apa saja yang perlu ditingkatkan dalam meningkatkan pelayanan ojek online. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang dibedakan berdasarkan statusnya, yaitu wisatawan, mahasiswa, dan pegawai yang pernah menggunakan ojek online yang ada di Yogyakarta. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan software SPSS dan uji secara manual dengan bantuan software microsoft Excel. Analisis data akan dilanjutkan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) guna untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan ojek online yang ada di Yogyakarta. Dari hasil analisis tingkat kesesuaian berdasarkan seluruh responden, semua aspek tingkat pelayanan yang diberikan ojek online sudah sangat memuaskan dengan masing-masing nilai aspek seperti aspek keselamatan dengan nilai 94,45%, aspek keamanan dengan nilai 98,90%, aspek kenyamanan dengan nilai 98,41%, aspek keterjangkauan dengan nilai 97,42%, aspek keteraturan dengan nilai 91,84%, dan aspek pencegahan penyebaran Covid-19 dengan nilai 86,04%. Meski seluruh aspek sudah memiliki tingkat pelayanan yang sangat memuaskan, hanya aspek keterjangkauan yang sudah tidak perlu ditingkatkan, sedangkan kelima aspek lainnya seperti pada aspek keselamatan terdapat 2 atribut yang masih bisa ditingkatkan, aspek keamanan terdapat 1 atribut yang masih bisa ditingkatkan, aspek kenyamanan terdapat 1 atribut yang masih bisa ditingkatkan, aspek keteraturan terdapat 1 atribut yang masih bisa ditingkatkan, dan pada aspek pencegahan penyebaran Covid-19 terdapat 3 atribut yang masih bisa ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pelayanan, pandemi Covid-19, Importance Performance Analysis, ojek online.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Dec 2022 14:05
Last Modified: 07 Dec 2022 14:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28132

Actions (login required)

View Item View Item