PENGARUH KINERJA MANAJEMEN PEMELIHARAAN GEDUNG TERHADAP KEPUASAN PENYEWA PROPERTI (TENANT) DI MASA NEW NORMAL (Studi Kasus Mall Bali Galeria)

Karyana, I Nyoman (2021) PENGARUH KINERJA MANAJEMEN PEMELIHARAAN GEDUNG TERHADAP KEPUASAN PENYEWA PROPERTI (TENANT) DI MASA NEW NORMAL (Studi Kasus Mall Bali Galeria). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (I Nyoman Karyana)
170216721_Bab 0.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216721_Bab 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216721_Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
170216721_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
170216721_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
170216721_Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pembangunan gedung meliputi beberapa proses yaitu pelaksanaan teknik, pelestarian, pemeliharaan, dan pemanfataan. Pemeliharaan gedung dilakukan guna membuat umur bangunan menjadi lebih lama karena bangunan gedung setiap saatnya akan mengalami penurunan kualitas. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan manajemen pemeliharaan gedung sesuai prosedur yang sesuai. Terlebih di masa pandemi ini, protokol kesehatan pada tempat umum lebih digiatkan. Salah satu ruang publik yang sering dikunjungi oleh masyarakat adalah Mall. Maka, pemeliharaan bangunan gedung Mall perlu diperhatikan agar tidak menjadi klaster penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja manajemen pemeliharaan gedung terhadap kepuasan penyewa properti (tenant) di masa New Normal dengan objek studi yaitu Mall Bali Galeria. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Tahun 2008 Tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung dan Keputusan Menkes dengan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Penyebaran kuesioner kepada bagian pemeliharaan gedung Mall Bali Galeria dan penyewa properti Mall Bali Galeria dilakukan untuk mendapatkan data penelitian. Analisis data yang dilakukan antara lain, analisis mean untuk mendapatkan hasil penilaian yang akan dikategorikan sesuai dengan parameter, uji Independent T-test dilakukan untuk melihat perbedaan penilaian penyewa properti di masa New Normal dan sebelum New Normal, dan uji korelasi yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan penilaian penyewa properti di masa New Normal dan sebelum New Normal. Berdasarkan nilai mean, hasil yang didapatkan dari kinerja manajemen pemeliharaan sebelum New Normal sebesar 4,328 yang dikategorikan baik, sedangkan pada masa New Normal mendapatkan total sebesar 4,425 yang dikategorikan baik. Uji mean pada penilaian penyewa properti sebelum New Normal adalah sebesar 2,887 yang dikategorikan “baik”dan masa New Normal adalah sebesar 3.076 yang dikategorikan “baik”. Pada uji korelasi antara penilaian penyewa properti (tenant) sebelum masa New Normal dan di masa New Normal mendapatkan hasil total sebesar 0.568. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan (korelasi) antara penilaian penyewa properti (tenant) sebelum New Normal dan di masa New Normal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gedung mall, pemeliharaan gedung, penyewa properti, New Normal.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2022 12:26
Last Modified: 08 Dec 2022 12:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28156

Actions (login required)

View Item View Item