PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR KIM SEON HO DALAM IKLAN “AJAIB x KIM SEON HO” TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI AJAIB INVESTASI PADA MILENIAL

SATRIO, GREGET AJI (2022) PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR KIM SEON HO DALAM IKLAN “AJAIB x KIM SEON HO” TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI AJAIB INVESTASI PADA MILENIAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GREGET AJI SATRIO)
170906405 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906405 1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906405 2.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
170906405 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
170906405 4.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Di era 20an tepatnya pada saat pandemi internet menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat untuk menjalankan hampir keseluruhan aktifitasnya terutama pelaku pemasaran sehingga mereka perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, salah satunya dengan mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Salah satu bentuk kegiatan komunikasi pemasaran yaitu menggunakan iklan di platform media sosial, tak terlepas dari Ajaib sebagai pelaku pemasaran menggunakan media sosial Youtube untuk mengiklankan produk aplikasi investasi saham mereka dengan digunakannya brand ambassador yang merupakan aktor terkenal dari korea selatan yaitu Kim Seon Ho. Iklan yang bertajuk “Ajaib x Kim Seon Ho” memuat pesan berupa ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk memulai investasi dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Pesan yang disampaikan kepada masyarakat tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan aplikasi Ajaib serta menjadi partner bagi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi. Tujuan utama pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kredibilitas brand ambassador Kim Seon Ho dalam iklan “Ajaib x Kim Seon Ho” terhadap keputusan penggunaan aplikasi Ajaib Investasi pada milenial dengan menggunakan beberapa teori seperti Komunikasi Pemasaran, Teori S-O-R, Brand Ambasssador dan Keputusan Penggunaan. Penelitian ini menggunakan 100 sampel milenial di seluruh Indonesia dengan latar belakang dari beberapa survey yang dilakukan oleh beberapa lembaga surveyor bahwa masih minimnya tingkat kesadaran milenial untuk berinvestasi sehingga menjadi sebuah pertanyaan apakah dengan menggunakan brand ambassador yang relate dengan milenial dapat meningkatkan penggunaan sebuah aplikasi atau tidak. Berdasarkan data yang ditemukan dari jawaban seluruh sampel responden, bahwa seorang brand ambassador memiliki pengaruh yang baik dalam menentukan keputusan penggunaan aplikasi Ajaib Investasi pada milenial dengan nilai persentase sebesar 59% dan yang lebih berpengaruh dalam menentukan keputusan penggunaan adalah penawaran maupun fasilitas yang diberikan oleh Ajaib kepada para penggunanya untuk berinvestasi dengan persentase sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, S-O-R, Brand Ambassador, Keputusan Penggunaan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:00
Last Modified: 26 Jan 2023 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28282

Actions (login required)

View Item View Item