PENERAPAN PRINSIP SEMBILAN ELEMEN JURNALISME PADA JURNALIS RADIO (Studi tentang Penerapan Prinsip Sembilan Elemen Jurnalisme pada Jurnalis Radio Program Acara Yogyakarta Hari Ini di Sindo Radio Jogja)

Lestari, Lusi (2012) PENERAPAN PRINSIP SEMBILAN ELEMEN JURNALISME PADA JURNALIS RADIO (Studi tentang Penerapan Prinsip Sembilan Elemen Jurnalisme pada Jurnalis Radio Program Acara Yogyakarta Hari Ini di Sindo Radio Jogja). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03624.pdf

Download (1547Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03624.pdf

Download (1881Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03624.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03624.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2649Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03624.pdf

Download (1375Kb)

Abstract

Berbicara tentang berita tidak lepas dengan jurnalis. Tujuan utama jurnalis adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa hidup bebas dan mengatur diri sendiri. Sikap keingintahuan seorang jurnalis menjadi dasar atau awal terbentuknya sebuah berita. Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dengan dukungan dan bantuan dari para ahli media yang tergabung dalam Committee of Concerned Journalist melakukan riset yang ekstensif terhadap apa yang sesungguhnya harus dikerjakan oleh para wartawan. Hasil riset tersebut kemudian disebut sebagai sembilan elemen jurnalisme. Sindo Radio, chanel 97.0 FM dalam format siarannya tidak meninggalkan format siaran Trijaya sebelumnya, pendengar akan semakin dilengkapi dengan Berita dan penguatan informasi yang lebih aktual. Jurnalis memiliki peranan penting pada berita-berita yang disiarkan program acara Yogyakarta Hari Ini. Hal ini menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui secara lebih detail bagaimana Sindo radio menerapkan prinsip sembilan elemen jurnalisme dalam pemberitaannya. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kuantitatif dan kualitatif, yaitu dengan melakukan analisis isi teks berita di program acara Yogyakarta Hari Ini, wawancara dengan wartawan Sindo Radio dan juga melakukan observasi dilapangan. Pada Akhirnya penelitian ini akan menilai apakah penerapan sembilan elemen jurnalisme di Sindo Radio sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:16
Last Modified: 11 Apr 2013 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item