PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP KEPUASAN HUBUNGAN BISNIS (Studi pada Hubungan Bisnis Petani Pala dengan PT Gunung Intan Permata di Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara)

Wodjur, Freyli (2022) PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP KEPUASAN HUBUNGAN BISNIS (Studi pada Hubungan Bisnis Petani Pala dengan PT Gunung Intan Permata di Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Freyli Wodjur)
170323327 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323327-1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323327-2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
170323327-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
170323327-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
170323327-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hubungan bisnis menjadi hal yang penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Melalui hubungan bisnis, perusahaan dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang hendak dituju. Kualitas hubungan yang baik akan memberikan kontribusi pada kepuasan dalam hubungan bisnis. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan hubungan bisnis. Dalam hubungan bisnis sektor pertanian, petani akan berhubungan bisnis dengan perusahaan mitra. Kualitas produk, kualitas bahan baku, peningkatan keuntungan, peningkatan kualitas produk, dan pengembangan hasil pertanian merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kualitas hubungan Bisnis. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang petani pala di Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara yang menjalin hubungan bisnis dengan PT Gunung Intan Permata. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis Oneway Anova. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa: 1) Kualitas produk, kualitas bahan baku, peningkatan keuntungan, peningkatan kualitas produk, dan pengembangan Hasil Pertanian memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan Hubungan Bisnis. 2) Petani yang menjalin hubungan bisnis secara kontrak tertulis memiliki tingkat kepuasan hubungan bisnis, kualitas produk, peningkatan keuntungan, peningkatan kualitas produk, dan pengembangan hasil pertanian yang lebih tinggi dibandingkan petani yang mengikat kontrak secara tidak tertulis maupun petani yang tidak mengikat kontrak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, kualitas bahan baku, peningkatan keuntungan, peningkatan kualitas produk, pengembangan hasil pertanian, dan kepuasan hubungan Bisnis
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 26 Jan 2023 13:09
Last Modified: 26 Jan 2023 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item