ADAPTASI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN KRISIS PASCA COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif di Hotel Capella Ubud, Bali)

PREMADASWARI, DEWA AYU GEVINDA (2022) ADAPTASI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN KRISIS PASCA COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif di Hotel Capella Ubud, Bali). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DEWA AYU GEVINDA PREMADASWARI)
180906804 0.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906804 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906804 2.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
180906804 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
180906804 4.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penyebaran virus COVID-19 mengakibatkan jatuhnya industri pariwisata di Bali, salah satunya industri perhotelan yang sebagian besar mengalami penurunan okuapansi akibat ditutupnya jalur penerbangan internasional. Mulai Oktober 2021, pemerintah kembali membuka pariwisata internasional di Bali dan hal tersebut menjadi peluang untuk memulihkan krisis yang diakibatkan oleh COVID-19. Namun, kehadiran COVID-19 juga menimbulkan kebiasaan dan gaya hidup baru di masyarakat. Dengan demikian, hotel perlu melakukan adaptasi komunikasi pemasaran khususnya dalam aspek STP untuk menyesuaikan strategi yang telah dimiliki dengan kebutuhan pasar terkini. Dalam penelitian ini, peneliti akan berfokus pada upaya pemulihan krisis yang dilakukan Capella Ubud melalui adaptasi STP dalam komunikasi pemasaran khususnya 4Ps. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan studi dokumen.Peneliti mengambil tiga narasumber sebagai subjek penelitian yang diwawancarai secara terpisah dan mengambil data sekunder melalui website resmi Capella Ubud dan akun Instragram @capellaubud. Adapun ketiga narasumber merupakan bagian dari divisi sales and marketing Capella Ubud yang berhubungan langsung dengan perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capella Ubud melakukan strategi adaptif dalam upaya pemulihan krisis pasca COVID-19. Dalam strategi STP, adaptasi atau penyesuaian yang dilakukan tidak begitu banyak, namun terlihat paling dominan pada aspek positioning. Dalam aspek positioning, Capella Ubud mengadaptasikan pesan-pesan yang berkaitan dengan private dan escapism. Adapun pesan-pesan yang dibangun dalam positioning tersebut memperlihatkan sebuah pola yang mengarah pada konsep wellness tourism yang juga dikomunikasikan dalam 4Ps Capella Ubud.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Krisis, Komunikasi Pemasaran, STP, 4Ps, Pariwisata
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 31 Jan 2023 13:18
Last Modified: 31 Jan 2023 13:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28333

Actions (login required)

View Item View Item