Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Universitas Nusa Nipa Indonesia)

Ermilinda, Lindiana (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Universitas Nusa Nipa Indonesia). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Lindiana Ermilinda)
215311569_Bab 0.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311569_Bab 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
215311569_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
215311569_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
215311569_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
215311569_Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai niat penggunaan berkelanjutan platform pembelajaran secara online oleh mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia yang merupakan sistem penunjang dalam proses pembelajaran online dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini mengadaptasi teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology2 (UTAUT2) yang dimodifikasi dengan tambahan dua variabel yaitu efikasi diri dan interaksi dosen. Faktor yang diteliti dari model UTAUT2 dalam penelitian ini adalah ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kondisi fasilitas dan habit. Pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner secara online kepada responden. Responden penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Nusa Nipa yang telah menggunakan pembelajaran online di masa pandemi COVID�19 dengan jumlah sampel sebanyak 466 responden. Analisis statistik yang digunakan yaitu Structural Equational Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian memberikan bukti bahwa bahwa kebiasaan menjadi faktor yang paling menentukan dalam niat penggunaan berkelanjutan mahasiswa untuk menggunakan pembelajaran online. Interaksi dosen juga mempengaruhi niat mahasiswa dalam penggunaan berkelanjutan pembelajaran online. Ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap niat perilaku mahasiswa dalam penggunaan berkelanjutan pembelajaran online

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran online, penerimaan teknologi, UTAU
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Feb 2023 09:37
Last Modified: 03 Feb 2023 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item View Item