UPAYA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DIVISI SDM TERKAIT KESEJAHTERAAN KARYAWAN/PEKERJA PT. MADUBARU PG.PS MADUKISMO YOGYAKARTA

KRISTIANTI, THEODORA IVY DUATY PASKA (2022) UPAYA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DIVISI SDM TERKAIT KESEJAHTERAAN KARYAWAN/PEKERJA PT. MADUBARU PG.PS MADUKISMO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (THEODORA IVY DUATY PASKA KRISTIANTI)
181006580 0.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006580 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006580 2.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
181006580 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
181006580 4.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Upaya manajemen sumber daya manusia yang dilakukan divisi SDM suatu perusahaan dapat memberikan kesejahteraan untuk karyawan/pekerja beserta keluarganya. Dengan menerapkan staffing dan pengembangan karyawan/pekerja serta menyediakan berbagai fasilitas dapat meningkatkan semangat dan loyalitas dari karyawan/pekerja serta keluarganya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh divisi SDM PT. Madubaru Yogyakarta dalam melakukan perekrutan dan pengembangan karyawan/pekerja serta fasilitas yang diberikan untuk karyawan/pekerja dan keluarganya. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari 4 (empat karyawan/pekerja divisi SDM dan 2 (dua) karyawan/pekerja tetap dan PKWT pabrik. Hasil penelitian yakni upaya manajemen sumber daya manusia divisi SDM PT. Madubaru Yogyakarta menggambarkan 2 (dua) indikator dari Bernardin dan Russel (1993) yaitu staffing dan pengembangan karyawan/pekerja. Staffing untuk membuka lowongan dilakukan dengan menyebarkan informasi dari mulut ke mulut tanpa adanya job fair, proses perekrutan dapat dilakukan oleh perusahaan maupun divisi terkait, penempatan posisi karyawan/pekerja ditangani oleh divisi terkait, dan untuk pengembangan karyawan/pekerja diberikan pendidikan dan pelatihan. Sedangkan untuk kesejahteraan yang diberikan divisi SDM PT. Madubaru Yogyakarta kepada karyawan/pekerja dan keluarganya yakni gaji, fasilitas rumah dinas, fasilitas kesehatan, dan bantuan sosial (uang duka, uang pindah mutasi kerja, dan bantuan klaim beasiswa BPJS untuk sekolah anak).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; Kesejahteraan; Karyawan dan Pekerja.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:33
Last Modified: 08 Feb 2023 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item