ANALISIS PENGARUH TENAGA KERJA DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP PDRB PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2011 - 2019

Primanditya, Kristoforus Dwirama (2022) ANALISIS PENGARUH TENAGA KERJA DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP PDRB PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2011 - 2019. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kristoforus Dwirama Primanditya)
181124162_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181124162_Bab 1.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181124162_Bab 2.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
181124162_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
181124162_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
181124162_Bab 5.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tenaga kerja dan infrastruktur terhadap PDRB Provinsi di Indonesia tahun 2011 - 2019. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari 31 provinsi di Indonesia dari tahun 2011 hingga 2019. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel jumlah tenaga kerja, panjang jalan, arus barang bandara, arus barang pelabuhan dan PDRB. Analisis data panel menggunakan model fixed effect model (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu variabel jumlah tenaga kerja, arus barang bandara, dan arus barang pelabuhan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel PDRB Provinsi di Indonesia pada α 1%. Sedangkan variabel panjang jalan secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel PDRB Provinsi di Indonesia pada α 1%. Koefisien regresi variabel jumlah tenaga kerja sebesar 1.526426, artinya apabila jumlah tenaga kerja naik sebesar 1%, maka akan diiringi dengan kenaikan PDRB Provinsi di Indonesia sebesar 1.5264% (ceteris paribus). Variabel arus barang bandara dengan koefisien sebesar 0.054175, artinya apabila arus barang bandara naik sebesar 1%, maka akan diiringi dengan kenaikan PDRB Provinsi di Indonesia sebesar 0.0542% (ceteris paribus). Terakhir, variabel arus barang pelabuhan dengan koefisien sebesar 0.045872, artinya apabila arus barang pelabuhan naik sebesar 1%, maka akan diiringi dengan kenaikan PDRB Provinsi di Indonesia sebesar 0.0459% (ceteris paribus). Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah tenaga kerja, panjang jalan, arus barang bandara, dan arus barang pelabuhan secara bersama-sama signifikan terhadap variabel PDRB Provinsi di Indonesia pada α 1%, dan diperoleh R² sebesar 0,9957 yang berarti bahwa sebesar 99,57% variabel dependen mampu dijelaskan oleh variabel independennya secara bersama-sama dan sisanya sebesar 0,43% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja, Panjang Jalan, Arus Barang Bandara, Arus Barang Pelabuhan dan PDRB.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Swadaya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:44
Last Modified: 16 Feb 2023 09:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28433

Actions (login required)

View Item View Item