KETERLIBATAN JEMAAT LAJANG GBI TABGHA BATAM DALAM HUBUNGAN SEKSUAL PRA-NIKAH: ANALISIS DENGAN PENDEKATAN TEORI PELANGGARAN HARAPAN

BETHAMONKA, ESSIE TIARA (2023) KETERLIBATAN JEMAAT LAJANG GBI TABGHA BATAM DALAM HUBUNGAN SEKSUAL PRA-NIKAH: ANALISIS DENGAN PENDEKATAN TEORI PELANGGARAN HARAPAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ESSIE TIARA BETHAMONKA)
160905926 0.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905926 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905926 2.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
160905926 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
160905926 4.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterlibatan jemaat lajang GBI Tabgha Batam dalam hubungan seksual pra-nikah. Penelitian dilakukan oleh karena maraknya fenomena seks pranikah di Indonesia, yang mana di dalamnya terlibat individu dari berbagai latar belakang usia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan di komunitas rohani Kristen—yang mana memiliki nilai bertentangan dengan praktik seks pranikah—di Kota Batam yang merupakan kota dengan wilayah berdekatan dengan Singapura dan Malaysia sehingga memiliki pengaruh budaya asing yang cukup kuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, sehingga peneliti mendapatkan hasil narasi dari wawancara berupa transkrip wawancara dengan enam orang narasumber dari tiga kategori usia berbeda, yakni remaja akhir, dewasa awal dan dewasa akhir. Adapun penelitian dilakukan dengan teori pelanggaran harapan sebagai teori utama, sehingga data yang peneliti peroleh menghasilkan tulisan tentang penerapan teori pelanggaran harapan pada aktivitas seksual dalam hubungan pacaran jemaat GBI Tabgha Batam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana setiap narasumber melalui penerapan teori pelanggaran harapan pada aktivitas seksual yang muncul dalam hubungan pacaran masing-masing. Melalui penelitian ini, peneliti menemukan bahwa penerapan teori utama dimulai dari ekspektasi yang dimiliki masing-masing narasumber sejak awal hubungan dimulai, kemudian setiap narasumber memiliki respons yang berbeda-beda dalam menanggapi pelanggaran harapan. Adapun setiap narasumber memiliki pertimbangan yang berbeda-beda meskipun memiliki latar belakang kepercayaan yang sama, yakni seorang Kristen dan berjemaat di GBI Tabgha Batam. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya beberapa latar belakang lain yang berbeda, sehingga proses penerapan teori pelanggaran harapan oleh setiap narasumber bersifat unik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelanggaran harapan, seks pranikah, hubungan pacaran, komunitas rohani Kristen
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 20 Feb 2023 14:36
Last Modified: 20 Feb 2023 14:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item