PEMBUATAN SISTEM GAMIFIKASI MATAKULIAH MATEMATIKA DASAR UNTUK MAHASISWA

REAL, REMIGIUS (2023) PEMBUATAN SISTEM GAMIFIKASI MATAKULIAH MATEMATIKA DASAR UNTUK MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (REMIGIUS REAL)
16 07 09066 0.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 07 09066 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 07 09066 2.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
16 07 09066 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
16 07 09066 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16 07 09066 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16 07 09066 6.pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar demi mengembangkan potensi peserta didik. Motivasi peserta didik penting untuk mewujudkan pendidikan. Salah satu pelajaran yang penting dalam dunia pendidikan adalah matematika. Akan tetapi, motivasi peserta didik rendah untuk belajar matematika. Salah satu solusi untuk yang diterapkan adalah gamifikasi. Gamifikasi adalah penerapan teknik permainan dalam sistem non-permainan yang dapat mendukung pembelajaran dalam pendidikan Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana membuat sistem gamifikasi matakuliah matematika dasar bagi mahasiswa yang mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi, dengan ruang lingkup permasalahan mahasiswa program studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sistem gamifikasi dibuat dengan metode waterfall. Langkah yang dilakukan adalah requirement analysis, software and system design, implementation dan evaluation. Fitur gamifikasi pada sistem berupa poin yang dapat ditukar dengan hadiah dan leaderboard pengerjaan latihan oleh mahasiswa. Sistem dibangun sebagai aplikasi web dengan bahasa pemograman PHP, Javascript, CSS dan HTML serta sistem penyimpanan data MariaDB. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan pembuatan sistem gamifikasi matakuliah matematika dasar bagi mahasiswa program studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gamifikasi, matematika, mahasiswa, waterfall
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:56
Last Modified: 24 Feb 2023 09:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28529

Actions (login required)

View Item View Item