REAL, REMIGIUS (2023) PEMBUATAN SISTEM GAMIFIKASI MATAKULIAH MATEMATIKA DASAR UNTUK MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (REMIGIUS REAL)
16 07 09066 0.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
16 07 09066 1.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
16 07 09066 2.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
16 07 09066 3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text
16 07 09066 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
16 07 09066 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
16 07 09066 6.pdf Download (998kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar demi mengembangkan potensi peserta didik. Motivasi peserta didik penting untuk mewujudkan pendidikan. Salah satu pelajaran yang penting dalam dunia pendidikan adalah matematika. Akan tetapi, motivasi peserta didik rendah untuk belajar matematika. Salah satu solusi untuk yang diterapkan adalah gamifikasi. Gamifikasi adalah penerapan teknik permainan dalam sistem non-permainan yang dapat mendukung pembelajaran dalam pendidikan Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana membuat sistem gamifikasi matakuliah matematika dasar bagi mahasiswa yang mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi, dengan ruang lingkup permasalahan mahasiswa program studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sistem gamifikasi dibuat dengan metode waterfall. Langkah yang dilakukan adalah requirement analysis, software and system design, implementation dan evaluation. Fitur gamifikasi pada sistem berupa poin yang dapat ditukar dengan hadiah dan leaderboard pengerjaan latihan oleh mahasiswa. Sistem dibangun sebagai aplikasi web dengan bahasa pemograman PHP, Javascript, CSS dan HTML serta sistem penyimpanan data MariaDB. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan pembuatan sistem gamifikasi matakuliah matematika dasar bagi mahasiswa program studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gamifikasi, matematika, mahasiswa, waterfall |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28529 |
Actions (login required)
View Item |