EFEKTIVITAS IKLAN KREATIF LUAR RUANGAN RESTORAN TAMAN PRINGSEWU YOGYAKARTA PADA WISATAWAN YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI)

KUSUMANINGRUM, ANASTASIA ROSA (2022) EFEKTIVITAS IKLAN KREATIF LUAR RUANGAN RESTORAN TAMAN PRINGSEWU YOGYAKARTA PADA WISATAWAN YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANASTASIA ROSA KUSUMANINGRUM)
180906605 0.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906605 1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906605 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906605 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
180906605 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan sebuah pesan yang disampaikan kepada khalayak tertentu melalui sebuah media yang bertujuan untuk membujuk khalayak agar menggunakan suatu produk. Iklan juga menjadi jembatan antara pemilik produk dan target pasar, tanpa adanya sebuah iklan maka masyarakat tidak akan pernah mengetahui keberadaan suatu produk. Oleh karena itu perusahaan pasti berusaha untuk menciptakan iklan yang semenarik mungkin. Namun yang terpenting dari sebuah iklan yaitu tingkat efektivitasnya. Pemilihan media iklan dapat mempengaruhi tingkat efektivitas suatu iklan. Terdapat berbagai media iklan mulai dari media konvensional seperti koran, radio, hingga media digital seperti pada media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya. Saat ini, banyak perusahaan mulai beralih menggunakan media digital dalam rangka mengikuti perkembangan zaman. Namun ada beberapa perusahaan yang tetap gigih menggunakan beberapa media konvensional, salah satunya yaitu Restoran Taman Pringsewu Yogyakarta. Sebuah restoran wisata yang terletak di Jalan Magelang KM 9 menggunakan salah satu media konvensional yaitu iklan luar ruangan berupa road sign. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat efektivitas iklan luar ruangan milik Restoran Taman Pringsewu Yogyakarta menggunakan penghitungan Customer Response Index (CRI). Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dengan subjek penelitian yaitu wisatawan Yogyakarta yang pernah melewati Jalan Magelang. Hasil penelitian menunjukkan iklan luar ruangan milik Restoran Taman Pringsewu Yogyakarta tergolong efektif dengan nilai akhir CRI sebesar 29,4%. Kemudian, iklan juga tergolong memiliki efektivitas tinggi dalam hal menyebarkan pesan pada pasar yang tepat (exposed), membuat target pasar sadar akan keberadaan restoran (awareness), memunculkan rasa ingin mengunjungi restoran (intention), hingga akhirnya mengunjungi restoran (action).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Efektivitas Iklan, Customer Response Index (CRI)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 24 Feb 2023 14:23
Last Modified: 24 Feb 2023 14:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28542

Actions (login required)

View Item View Item