Sutanto, Cindy Adeline (2023) PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN JASA BAJU PESTA PADA BUTIK LE’CHRIST DI PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Cindy Adeline Sutanto)
18 06 09741 0.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09741 1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09741 2.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
18 06 09741 3.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text
18 06 09741 4.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text
18 06 09741 5.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
Text
18 06 09741 6.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
Text
18 06 09741 7.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text
18 06 09741 8.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
|
Text
18 06 09741 9.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penurunan permintaan mengakibatkan suatu usaha mengalami penurunan pendapatan. Dikatakan oleh pemilik Butik Le’Christ dalam wawancara yang telah dilakukan, bahwa terjadi penurunan permintaan pada butik tersebut selama 3 bulan terakhir yang disebabkan oleh banyak permasalahan. Pertama, menurunnya tingkat perekonomian konsumen yang disebabkan oleh pandemi selama penelitian dilakukan. Kedua, kurangnya loyalitas dari konsumen terhadap Butik Le’Christ. Berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan, faktor permasalahan yang sangat memengaruhi, yakni kurangnya kualitas pelayanan jasa dan standar bersaing dari Butik Le’Christ terhadap vendor lain yang ada di Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan 5 dimensi pada Metode SERVQUAL kepada 130 responden konsumen. Didapatkan keseluruhan 130 responden, Le’Christ 41 responden, Jaka Febriant 36 responden, SkyGown 25 responden, Cruzita Rachly 14 responden, WeddingKoe 7 responden, Lina Gunawan 5 responden, dan 2 responden yang memilih secara langsung vendor lainnya. Dilakukan perhitungan gap persepsi dan harapan yang dilanjutkan dengan skala pemetaan letak kuadran dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) sebagai acuan. Pemilihan indikator yang akan diperbaiki dilakukan dan dianalisis faktor penyebab permasalahan dengan Fishbone Diagram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan jasa dan standar bersaing dari suatu usaha sangat memengaruhi jumlah permintaan konsumen. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan jasa dan standar bersaing, maka akan menambahkan permintaan konsumen. Setelah perbaikan rancangan telah diimplementasikan, terlihat adanya peningkatan jumlah permintaan konsumen sebesar 56,76%. Selain itu, juga terlihat adanya kenaikan rata-rata tingkat kepuasan pelanggan dari 3,83 menjadi 4,95 dan peningkatan nilai modus pada skala nilai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permintaan Konsumen, Pelayanan, Standar Bersaing, SERVQUAL, Importance-Performance Analysis, Fishbone Diagram |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 14:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 14:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28544 |
Actions (login required)
View Item |