TAROENO, VANESSA NATHANIA (2022) Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai Masyarakat Generasi Z (Survei kepada Followers Instagram @aqualestari). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (VANESSA NATHANIA TAROENO)
180906656 0.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
180906656 1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
180906656 2.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
180906656 3.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
|
Text
180906656 4.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Kampanye #BijakBerplastik digerakan oleh perusahaan Danone-AQUA sebagai bentuk komitmennya untuk mengurangi masalah plastik di Indonesia. Kampanye ini ditujukan untuk masyarakat generasi Z dengan media kampanye yaitu Instagram @aqualestari. Kampanye merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang maupun sekelompok yang bertujuan untuk mengajak dan memberikan dampak tertentu terhadap sasaran kampanye. Informasi yang diberikan mengenai isu sampah plastik dapat menyebabkan perasaan ketidaknyamanan sehingga diperlukan perubahan sikap untuk mengurangi ketidaknyamanan. Sikap adalah kumpulan dari keyakinan dan perasaan terhadap gagasan, individu, ataupun objek tertentu. Oleh sebab itu, pesan kampanye haruslah berkualitas agar tujuan dari kampanye yaitu perubahan sikap bisa tercapai sebab target dari kampanye dapat memahami dan memaknai pesan yang merupakan inti dari kampanye itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang mana data yang dikumpulkan dapat dihitung dan diukur. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu eksplanatif. Penelitian eksplanatif menjelaskan dan menggambarkan hubungan antara variabel dari suatu generalisasi dengan cara menguji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pesan kampanye #BijakBerplastik terhadap perubahan sikap penggunaan plastik sekali pakai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampanye , kualitas pesan, perubahan sikap, disonansi kognitif |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 09:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 09:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28554 |
Actions (login required)
View Item |