Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai Masyarakat Generasi Z (Survei kepada Followers Instagram @aqualestari)

TAROENO, VANESSA NATHANIA (2022) Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai Masyarakat Generasi Z (Survei kepada Followers Instagram @aqualestari). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (VANESSA NATHANIA TAROENO)
180906656 0.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906656 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906656 2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
180906656 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
180906656 4.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Kampanye #BijakBerplastik digerakan oleh perusahaan Danone-AQUA sebagai bentuk komitmennya untuk mengurangi masalah plastik di Indonesia. Kampanye ini ditujukan untuk masyarakat generasi Z dengan media kampanye yaitu Instagram @aqualestari. Kampanye merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang maupun sekelompok yang bertujuan untuk mengajak dan memberikan dampak tertentu terhadap sasaran kampanye. Informasi yang diberikan mengenai isu sampah plastik dapat menyebabkan perasaan ketidaknyamanan sehingga diperlukan perubahan sikap untuk mengurangi ketidaknyamanan. Sikap adalah kumpulan dari keyakinan dan perasaan terhadap gagasan, individu, ataupun objek tertentu. Oleh sebab itu, pesan kampanye haruslah berkualitas agar tujuan dari kampanye yaitu perubahan sikap bisa tercapai sebab target dari kampanye dapat memahami dan memaknai pesan yang merupakan inti dari kampanye itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang mana data yang dikumpulkan dapat dihitung dan diukur. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu eksplanatif. Penelitian eksplanatif menjelaskan dan menggambarkan hubungan antara variabel dari suatu generalisasi dengan cara menguji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pesan kampanye #BijakBerplastik terhadap perubahan sikap penggunaan plastik sekali pakai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kampanye , kualitas pesan, perubahan sikap, disonansi kognitif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:57
Last Modified: 27 Feb 2023 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item