PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING ZENIUS EDUCATION DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Startup Edutech Zenius Education)

GANIS, DIMAS SETIAWAN (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING ZENIUS EDUCATION DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Startup Edutech Zenius Education). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DIMAS SETIAWAN GANIS)
180906794 0.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906794 1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906794 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906794 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906794 4.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai social media marketing Zenius Education dalam membangun brand awareness. Zenius Education merupakan Startup Edutech pertama dan terbesar di Indonesia yang memiliki produk layanan utama berupa bimbingan belajar (bimbel) online untuk siswa SMP, SMA, dan lulusan SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai komunikasi pemasaran, social media marketing, dan brand awareness. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan Instagram sebagai social media marketing Zenius Education dalam membangun brand awareness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan divalidasi menggunakan triangulasi metodologis dengan cara mengumpulkan data sejenis dan memanfaatkan sumber data yang berbeda serta beragam. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam aktivitas pemanfaatan Instagram sebagai social media marketing yang dilakukan oleh Zenius Education dalam upaya membangun brand awareness, berdasarkan hasil penelitian, terbagi kedalam beberapa bentuk pemanfaatan: 1) Menggunakan dan mengoptimalkan Instagram bisnis, 2) Membuat konten yang beragam, 3) Membuat caption yang menarik, 4) Menggunakan hashtag, 5) Bekerja sama dengan brand ambassador. Kelima bentuk pemanfaatan Instagran tersebut agar berhasil membangun brand awareness Zenius Education, maka dipersiapkan melalui proses perencanaan yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Proses perencanaan tersebut telah melalui beberapa tahapan mulai dari monthly meeting, internal meeting tim media sosial, hingga pada akhirnya menghasilkan sebuah content mapping Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Instagram, Social Media Marketing, Brand Awareness, Zenius Education
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 27 Feb 2023 13:11
Last Modified: 27 Feb 2023 13:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28566

Actions (login required)

View Item View Item