IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PRODUK DALAM NEGERI DAN PRODUK UMKM SERTA KOPERASI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA BERDASARKAN INPRES NO 2 TAHUN 2022 DI KABUPATEN TRENGGALEK

Pinaringan, Eunike Putri (2023) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PRODUK DALAM NEGERI DAN PRODUK UMKM SERTA KOPERASI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA BERDASARKAN INPRES NO 2 TAHUN 2022 DI KABUPATEN TRENGGALEK. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Eunike Putri Pinaringan)
190513330 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513330-1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
190513330-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
190513330-3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintah dalam penyelenggaraan negara guna mewujudkan good governance melalui pengadaan barang dan jasa guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Upaya Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi salah satunya dengan memfasilitasi UMKM untuk dapat berpartisipasi sebagai penyedia dalam hal pengadaan barang/jasa pemerintah, dan menggunakan produk dalam negeri. Pemerintah berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menciptakan sistem pengadaan secara elektronik yang menjadi wadah bagi penyedia atau pelaku usaha UMKM yang terdiri Katalog Elektronik Nasional, Toko daring, dan Katalog Lokal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam mengimplementasikan, kendala, serta upaya untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Trenggalek dalam pengadaan barang dan jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dengan mengoptimalkan e-procurement yang ada pada pelaksanaan barang dan jasa. Dalam penerapannya terdapat beberapa kendala seperti sumber daya manusia, topografi, geografi, dan anggaran. Solusi yang dilakukan UKPBJ Kabupaten Trenggalek untuk mengatasi kendala dengan melakukan sosialisasi, bimbingan teknis, dan bahkan pelatihan bagi penyedia, serta penambahan anggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Barang/Jasa, E-Procurement, Penggunaan Produk Dalam Negeri, UMKM.
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:48
Last Modified: 01 Mar 2023 09:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item