PERANCANGAN UI/UX RESPONSIVE APLIKASI E-COMMERCE PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KABUPATEN PESAWARAN MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES

Rumahorbo, Jody Frans Ebeneazer (2023) PERANCANGAN UI/UX RESPONSIVE APLIKASI E-COMMERCE PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KABUPATEN PESAWARAN MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jody Frans Ebeneazer Rumahorbo)
181709689_Bab 0.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709689_Bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709689_Bab 2.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
181709689_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
181709689_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
181709689_Bab 5.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu bentuk lembaga pemerintah yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Pesawaran. Agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Pesawaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran membutuhkan sebuah website e-commerce yang responsive supaya dapat digunakan diberbagai perangkat, nantinya website ini dapat digunakan untuk transaksi jual beli produk-produk Industri Kecil Menengah. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode Five Planes maka diperoleh hasil bahwa Disperindag membutuhkan desain user interface untuk pembuatan website responsive e-commerce yang diberi nama Sikam. Diharapkan bahwa desain yang dibuat nantinya menghasilkan interface dan alur pengguna yang mudah digunakan oleh masyarakat umum sesuai dengan kebutuhan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran. Pembuatan user interface dan prorotype dibuat menggunakan aplikasi Figma dengan berpedoman pada prinsip UX Law. Setelah itu dilakukan evaluasi terhadap prototype yang sudah dibuat dengan menggunakan metode pengujian SUS yang memiliki 10 kuesioner untuk mengetahui tingkat usability suatu perancangan aplikasi yang dibuat. Tahapan evaluasi melibatkan 5 responden yang memenuhi kriteria pengujian. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, didapatkan bahwa prototype yang diujicobakan kepada 5 responden mendapatkan nilai usability sebesar 81. Dari skor SUS tersebut dapat diketahui bahwa perancangan prototype dan user interface memiliki tingkat usability yang cukup tinggi karena masuk ke dalam kategori excellent, dan dapat diterima oleh responden. Dari hasil evaluasi tersebut maka rancangan tampilan user interface dan prorotype yang telah dibuat bisa digunakan sebagai gambaran untuk pembuatan aplikasi E-commerce Sikam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Five Planes, Sikam, SUS, UX Law, prototype, responsive, website.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Mar 2023 10:49
Last Modified: 02 Mar 2023 10:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item