PELAKSANAAN PELAYANAN PERIZINAN UNTUK KEGIATAN USAHA DENGAN RISIKO RENDAH MELALUI SISTEM PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK BERBASIS RISIKO PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN WONOSOBO

Susanto, Leonardo Bagas Pudya (2023) PELAKSANAAN PELAYANAN PERIZINAN UNTUK KEGIATAN USAHA DENGAN RISIKO RENDAH MELALUI SISTEM PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK BERBASIS RISIKO PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Leonardo Bagas Pudya Susanto)
190513480 0.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513480-1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
190513480-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text
190513480-3.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Pasca terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, terdapat kemudahan yang diperoleh pelaku usaha dalam melakukan pendaftaran perizinan berusaha. Kemudahan yang diperoleh di antaranya adalah pendaftaran yang dilakukan secara daring melalui sistem OSS. Khusus bagi pelaku usaha yang memiliki kegiatan usaha dengan risiko rendah, juga hanya memerlukan NIB sebagai perizinan berusaha. Penulisan hukum/skripsi ini disusun untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem OSS pada DPMPTSP Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang meneliti mengenai bekerjanya suatu hukum dalam masyarakat. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Data sekunder yang terdiri dari bahan-bahan hukum primer dan bahanbahan hukum sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kabupaten Wonosobo secara umum sudah baik, namun dari sisi pelaku usaha masih terdapat banyak yang belum mengetahui mengenai perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem OSS. Hal tersebut berarti bahwa diperlukan adanya sosialisasi yang lebih giat lagi dari DPMPTSP Kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Sistem OSS, OSS-RBA
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:57
Last Modified: 17 Mar 2023 10:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28713

Actions (login required)

View Item View Item