PERANAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES TERHADAP PENGUNGSI ROHINGYA YANG DIRELOKASIKAN KE PULAU BHASAN CHAR

Puspita, Ni Made Andreana (2023) PERANAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES TERHADAP PENGUNGSI ROHINGYA YANG DIRELOKASIKAN KE PULAU BHASAN CHAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ni Made Andreana Puspita)
190513573_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513573_Bab 1.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
190513573_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img]
Preview
Text
190513573_Bab 3.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Pengungsi Rohingya adalah salah satu etnis yang mengungsi ke Negara Bangladesh, etnis yang berasal dari Myanmar ini terpaksa meninggalkan negaranya karena adanya perselisihan antar etnis yaitu etnis Rakhine dan Rohingya. Setelah sekian lama Etnis Rohingya tersebut mengungsi ke Cox’s Bazzar, Bangladesh mengalami kepadatan penduduk yang membuatnya harus mengurangi jumlah pengungsinya dengan cara merelokasikannya ke Pulau Bhasan Char. Permasalahannya adalah UNHCR dan Pembela HAM di dunia mengkhawatirkan keputusan Pemerintah Bangladesh untuk merelokasikan pengungsi rohingya tersebut. Hal ini disebabkan Pulau Bhasan Char tersebut diketahui tidak layak untuk dihuni oleh manusia karena tempatnya yang rentan terjadi bencana alam dan jauhnya dari komunitas lainnya. Selain itu di Pulau Bhasan Char tersebut para pengungsi juga diketahui mendapat perlakuan yang tidak baik seperti tindak kekerasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Normatif yaitu mencari data melalui studi pustaka. Relokasi terhadap pengungsi Rohingya ini membuat UNHCR mengambil peran untuk membantu memberikan bantuan terhadap pengungsi yang direlokasikan baik menjadi fasilitator, mediator, maupun rekonsiliator. Selain itu, adapun kendala – kendala yang dihadapi UNHCR pada saat membantu para pengungsi Rohingya di Pulau Bhasan Char.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungsi Rohingya, Relokasi, UNHCR.
Subjects: Ilmu Hukum > Hubungan Internasional
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Mar 2023 10:15
Last Modified: 21 Mar 2023 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28736

Actions (login required)

View Item View Item