PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA STUDI KASUS JALAN KEBUN RAYA

Nongkang, Paulus Maldini (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA STUDI KASUS JALAN KEBUN RAYA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Paulus Maldini Nongkang)
150215949_Bab 0.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150215949_Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
150215949_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
150215949_Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik perancangan infrastruktur II merupakan sebuah ringkasan perhitungan dari beberapa perpaduan pengerjaan infrastruktur yang dipadukan menjadi satu. Perancangan akan dibuat menjadi 4 bagian yang berbeda sesuai dengan fokus yang akan dibahas oleh penulis yang meliputi perancangan bangunan gedung, perancangan jalan, perancangan bangunan air dan perencanaan biaya dan waktu. Dengan adanya perbedaan dari beberapa perhitungan dari masing – masing perancangan diharapkan penulis mampu untuk mendesain, menganalisis dan juga mengevaluasi sebuah infrastruktur yang berbeda. Praktik perancangan bangunan gedung mempunyai fokus dalam menganalisa sebuah bangunan gedung untuk memeriksa kembali apakah bangunan gedung sudah memenuhi standar keamanan SNI, bangunan gedung yang digunakan dalam perancangan kali ini adalah bangunan yang berfungsi sebagai restoran yang terletak di Manado. Dalam penghitungan bangunan gedung penulis dibantu menggunakan software ETABS dan setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan bahwa bangunan gedung sudah dikategorikan sebagai bangunan yang aman menurut standar SNI yang ada. Praktik perancangan jalan mempunyai fokus dalam menganalisa sebuah ruas jalan beserta fasilitas pelengkapnya, jalan yang digunakan dalam analisa kali ini yaitu jalan Kebun Raya yang terletak di Yogyakarta, banyak hal yang menjadi perhatian dalam analisa jalan yaitu menganalisa volume lalu lintas, jam puncak yang terjadi, kondisi jalan serta fasilitas jalan. Dalam penghitungan ini penulis menggunakan metode yang diterbitkan oleh Bina Marga (1997) dan diperoleh hasil jam puncak yang menuju arah Rejowinangun terjadi pada pukul 08.00 – 09.00 dengan jumlah total kendaraan 734,7 smp/jam dan yang menuju arah Kusumanegara terjadi pada pukul 16.45 – 17.45 dengan jumlah total kendaraan 510,2 smp/jam. Untuk fasilitas jalan dari trotoar, lampu penerangan jalan, drainase, marka jalan dan juga rambu lalu lintas juga sudah tergolong baik dan sudah memadahi. Dan untuk kondisi jalan sudah cukup baik dikarenakan banyaknya vegetasi yang ada pada bahu jalan dan dapat disimpulkan bahwa jalan Kebun Raya masih aman dan nyaman untuk digunakan. Praktik perancangan bangunan air mempunyai fokus dalam menghitung curah hujan harian rerata dan debit rencana banjir, lokasi pengamatan berada di sungai Gajahwong dengan panjang sungai 26,7 km. dalam penghitungan curah hujan harian rerata digunakan 7 stasiun yang berbeda dengan batasan waktu 10 tahun kemudian digunakan metode poligon Thiessen dan penghitungan debit rencana banjir digunakan metode Der Werduwen. Setelah dilakukan penghitungan maka debit rencana banjir sebesar 210,5054 m3/s dan dapat disimpulkan bahwa curah hujan harian rerata masih dalam kondisi normal dan debit rencana banjir masih dalam kondisi sedang. Praktik perencanaan biaya dan waktu mempunyai fokus dalam penghitungan estimasi biaya dan estimasi waktu pengerjaan dari sebuah proyek pembangunan gedung PDAM kota Sleman provinsi Yogyakarta dengan luas total bangunan 1080m2. Dalam penghitungan penulis menggunakan metode SMM (Standart Method of Measurement) untuk menghitung volume pekerjaan, untuk penghitungan biaya akan disesuaikan dengan harga bahan bangunan yang ada di provinsi Yogyakarta. Setelah dilakukan penghitungan maka dapat disimpulkan bahwa total biaya dari pembangunan gedung PDAM kota Sleman provinsi Yogayakarta sebesar Rp 4,089,721,283, serta memiliki estimasi waktu pengerjaan selama 25 minggu

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: standar keamanan SNI, software ETABS, volume kendaraan, kondisi jalan, fasilitas jalan, Bina Marga (1997), curah hujan harian rerata, debit rencana hujan, metode poligon Thiessen, metode Der Werduwen, estimasi biaya, estimasi waktu, metode SMM (Standart Method of Measurement), volume pekerjaan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:49
Last Modified: 18 Apr 2023 10:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item