FASILITAS PELATIHAN KEBENCANAAN DAN FASILITAS PENDIDIKAN DARURAT DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TRANSPROGRAMMING

Nugroho, Antonius Pandu (2020) FASILITAS PELATIHAN KEBENCANAAN DAN FASILITAS PENDIDIKAN DARURAT DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TRANSPROGRAMMING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Antonius Pandu Nugroho)
160116429_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116429_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116429_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
160116429_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
160116429_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
160116429_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
160116429_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi yang sering terjadi bencana. Provinsi ini memang bukanlah provinsi dengan jumlah kejadian bencana terbanyak di Indonesia, namun provinsi ini memiliki ancaman bencana alam yang permanen yang memungkinkan kerugian yang tidak sedikit jika bencana tersebut terjadi. Bencana tersebut adalah ancaman dari erupsi Gunung Merapi. Untuk meminimalisir dampak bencana yang erat dengan kehidupan masyarakat maka diperlukan sebuah fasilitas guna melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam penanganan bencana tersebut. Di sisi lain, ketika bencana terjadi maka banyak sektor yang akan terdampak. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Sektor ini merupakkan sektor yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Dalam keadaan pasca bencana sektor ini perlu diperhatikan keberlanjutannya. Maka dari itu perlu diadakan fasilitas yang menampung kegiatan pendidikan pada kondisi pasca bencana. Melihat kebutuhan yang berkaitan antara pendidikan dan kebencanaan pada dua kondisi yang berbeda, maka dapat disimpulkan bahwa diperlukan sebuah Fasilitas Pelatihan Kebencanaan dan Fasilitas Pendidikan Darurat. Fasilitas Pelatihan Kebencanaan dan Fasilitas Pendidikan Darurat merupakan fasilitas yang digunakan dalam menangai keadaan bencana terkait hubungannya dengan sektor pendidikan. Fasilitas Pelatihan Kebencanaan, memberikan penanganan kebencanaan pada kondisi pra bencana dengan melakukan pelatihan kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait. Sedangkan Fasilitas Pendidikan Darurat memberikan penanganan bencana pada kondisi pasca bencana dengan memberikan ruang untuk kegiatan belajar mengajar sementara. Untuk mewadahi dua fungsi yang berbeda maka diperlukan fleksibilitas ruang. Selain itu ruang dalam dan ruang luar juga harus interaktif dan mendukung proses trauma healing. Pendekatan transprogramming merupakan pendekatan yang dirasa sesuai untuk mengakomodasi dua kondisi yang berbeda tersebut. Melalui perencanaan dan perancangan Fasilitas Pelatihan Kebencanaan dan Fasilitas Pendidikan Darurat ini, diharapkan dapat menjadi fasilitas edukasi yang interaktif bagi masyarakat umum dan peserta pelatihan. Selain itu juga dapat memberikan kondisi belajar yang nyaman pada peserta didik korban bencana. Dengan demikian, akan memberikan penanganan bencana yang sesuai, khususnya yang terkait dengan sektor pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, kebencanaan, pendidikan, darurat, ruang dalam, ruang luar, fleksibilitas, interaktif, trauma healing, transprogramming
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 May 2023 20:25
Last Modified: 04 May 2023 20:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item View Item