PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR KLASIK (Studi pada Komunitas MACI Yogyakarta)

PRASETYO, BERTADEA ARKA BUDI (2023) PERAN KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR KLASIK (Studi pada Komunitas MACI Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BERTADEA ARKA BUDI PRASETYO)
160905963 0.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905963 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905963 2.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
160905963 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
160905963 4.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Dalam keseharian manusia komunikasi memiliki peran yang sangat penting, begitu pun dalam sebuah kelompok. MACI (Motor Antique Club Indonesia) adalah suatu kelompok yang terbentuk dari dua ataupun tiga orang bahkan lebih dan berkumpul karena memiliki keinginan, hobi dan tujuan yang sama. Kondisi kelompok yang semakin kuat kemudian akan memunculkan rasa saling memiliki dan terjalin rasa emosional yang kuat di antara para anggotanya menjadi suatu bentuk solidaritas. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji peran komunikasi kelompok komunitas MACI Yogyakarta dalam mempertahankan solidaritas dari komunitas motor klasik. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang dimaknai sebagai model pendekatan yang muncul pada post positivisme yang sebagai hasil pergeseran paradigma dalam mempersepsikan sebuah realitas, fenomena, ataupun gejala. Penelitian dilakukan sejak Mei 2022 – Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berperan penting dalam mendorong hubungan antara anggota terjalin dengan baik dari anggota kelompok MACI Yogyakarta. Beberapa contoh kegiatan kelompok yang lakukan ialah kegiatan triwulan, halal bihalal serta mengadakan event untuk menjalin hubungan sosial dengan masyarakat. Komunikasi dalam MACI Yogyakata terjalin dengan tidak mengenal adanya hirarki maupun latar belakang anggota. Solidaritas komunitas juga terwujud dari gotong royong dan tolong menolong, kerja sama kepentingan-kepentingan yang sama dan di waktu yang bersamaan. MACI Yogyakarta menerima setiap kepemimpinan baru yang bersifat positif. Proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dalam MACI Yogyakarta dapat berjalan baik. Kegiatan MACI Yogyakata juga melibatkan pihak luar komunitas seperti bakti sosial bersama dengan kelompok masyarakat. Bakti sosial merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Komunitas MACI Yogyakarta. Komunikasi yang terjalin dalam MACI Yogyakarta juga berperan dalam media penyeimbang dan penyelaras apabila terjadi perbedaan atau konflik. Ketika sedang diadakan sebuah rapat, anggota biasa melakukan musyawarah dan mufakat untuk menyepakati suatu keputusan yang dibuat untuk kepentingan Bersama. dengan adanya sebuah kesepakatan Bersama dapat menyeimbang dan menyelaraskan gagasan anggota MACI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Peran Komunikasi, Solidaritas Kelompok, MACI Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 May 2023 21:46
Last Modified: 08 May 2023 21:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item