HUBUNGAN ANTARA TERPAAN KONTEN KOPING POSITIF PADA AKUN INSTAGRAM @MEANINGFUL.ME DAN SIKAP MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

WIDIASTUTI, RENI AYUNINGTYAS (2023) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN KONTEN KOPING POSITIF PADA AKUN INSTAGRAM @MEANINGFUL.ME DAN SIKAP MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RENI AYUNINGTYAS WIDIASTUTI)
170906289 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906289 1.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906289 2.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
170906289 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906289 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hambatan psikologis mahasiswa menjadi faktor permasalahan komunikasi selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat pandemi Covid-19. Tekanan stres yang tinggi dan cara pengelolaan stres yang kurang tepat (koping negatif), menyebabkan penurunan kinerja studi oleh mahasiswa. Sedangkan koping yang sering dilakukan mahasiswa yaitu koping negatif dengan cara berselancar di media sosial Instagram dengan durasi dan frekuensi yang tinggi. Di sisi lain, Instagram bisa berdampak positif apabila mahasiswa mengakses akun kesehatan mental seperti akun Instagram @meaningful.me dengan membaca konten koping positif yang bermanfaat bagi mahasiswa. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan konten koping positif pada akun Instagram @meaningful.me terhadap sikap mahasiswa selama pandemi Covid-19. Terpaan konten koping positif diukur dari tiga dimensi terpaan, yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Sedangkan sikap mahasiswa diukur dari tiga pembentuk sikap, yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini dilakukan kepada 400 mahasiswa yang merupakan pengikut akun Instagram @meaningful.me dengan metode survei. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka terdapat hubungan yang positif terpaan konten koping positif akun Instagram @meaningful.me terhadap sikap mahasiswa selama pandemi Covid-19. Hasil TCR menemukan bahwa terpaan dari konten koping positif dikategorikan kuat, dengan rata-rata akses dua kali dalam sehari, dengan durasi 5-10 menit sehari. Atensi berupa perhatian yang diberikan mahasiswa dikategorikan tinggi. Sedangkan sikap mahasiswa setelah diterpa konten koping positif pada akun Instagram @meaningful.me dinilai positif yang didominasi oleh sikap afektif berupa rasa suka terhadap konten dengan persentase 85,9%. Sedangkan sikap kognitif mahasiswa berupa pengetahuan, kepercayaan, dan kemampuan mendapat persentase sebesar 85%. Sedangkan sikap konatif berupa kecenderungan berperilaku mendapat persentase sebesar 74,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Konten, Instagram, Koping, Sikap Mahasiswa
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 May 2023 18:50
Last Modified: 10 May 2023 18:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28959

Actions (login required)

View Item View Item