PENGARUH DIMENSI ARGUMENT QUALITY DAN PERIPHERAL CUES TERHADAP KREDIBILITAS ULASAN ONLINE DAN NIAT BELI (Studi pada Sociolla)

Dwipajana, Vanessa Abigail (2023) PENGARUH DIMENSI ARGUMENT QUALITY DAN PERIPHERAL CUES TERHADAP KREDIBILITAS ULASAN ONLINE DAN NIAT BELI (Studi pada Sociolla). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Vanessa Abigail Dwipajana)
180324280_Bab 0.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324280_Bab 1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324280_Bab 2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
180324280_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
180324280_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
180324280_Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kredibilitas ulasan online terhadap niat beli konsumen dengan studi pada Sociolla. Adapun faktor-faktor yang dapat memengaruhi kredibilitas ulasan, antara lain: (1) keakuratan ulasan; (2) kelengkapan ulasan; (3) ketepatan waktu; (4) kuantitas ulasan; (5) konsistensi ulasan; (6) keahlian konsumen; (7) peringkat; (8) reputasi ulasan. Data yang digunakan merupakan data primer. Peneliti memperoleh data melalui survei lapangan dengan jumlah 122 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menentukan pengaruh variabel x terhadap y adalah smartPLS. Berdasarkan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis Partial Least Square (PLS) dalam perangkat lunak SmartPLS 3.3.3 didapat hasil bahwa kredibilitas ulasan berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Kredibilitas ulasan Sociolla ini akan menjadi suatu dasar dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen Sociolla. Niat beli ini mengacu pada ulasan Sociolla yang berencana untuk memperoleh produk Sociolla yang telah diulas sebelumnya. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain: (1) Keakuratan ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (2) Kelengkapan ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (3) Ketepatan waktu berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (4) Kuantitas ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan: (5) Konsistensi ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (6) Keahlian konsumen yang memberikan ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (7) Peringkat berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (8) Reputasi ulasan berpengaruh terhadap kredibilitas ulasan; (9) Kredibilitas ulasan berpengaruh terhadap niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kredibilitas ulasan online, niat beli, sociolla,
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 May 2023 20:46
Last Modified: 12 May 2023 20:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item