KEBIJAKAN EFISIENSI SUMBERDAYA MANUSIA BAGI EFEKTIFITAS ORGANISASI DI PT.RADIO GERONIMO

Agrissinta, . (2013) KEBIJAKAN EFISIENSI SUMBERDAYA MANUSIA BAGI EFEKTIFITAS ORGANISASI DI PT.RADIO GERONIMO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS03622.pdf

Download (122Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS03622.pdf

Download (146Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS03622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS03622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS03622.pdf

Download (160Kb)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dewasa ini, mengakibatkan persaingan yang semakin ketat bagi media hiburan. Media hiburan yang sedari awal tidak mempersiapkan diri, akan banyak mengalami banyak tantangan dan hambatan. Perkembangan radio sekarang ini, bisa dikatakan terhambat persaingan antar media terutama dengan media televisi dan internet. Jumlah radio semakin lama, semakin mengalami penurunan karena banyak radio yang gulung tikar. Bukan tanpa alasan radio dapat mengalami kebangkrutan. Secara teknologi, radio masih jauh ketinggalan dibanding media lainnya. Akibatnya radio mengalami penurunan jumlah pendengar dan penjualan iklan yang rendah. Penjualan iklan merupakan salah satu pemasukan utama radio, jika profitabilitas radio semakin menurun tandanya radio sebagai sebuah organisasi semakin tidak efektif. Saat ini, persoalan itu juga dihadapi oleh PT. Radio Geronimo. Dilatar belakangi permasalahan tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Pertama: seperti apakah persoalan yang dihadapi oleh PT. Radio Geronimo, sehingga mereka harus melakukan efisiensi SDM? Kedua: Bagaimana bentuk dari kebijakan efisiensi SDM yang ditetapkan oleh PT. Radio Geronimo untuk menjaga efektifitas organisasinya?. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah karyawan PT. Radio Geronimo, terutama dibagian administrasi, produksi dan kreatif. Metode pengumpulan datanya, menggunakan metode wawancara dan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkanhasilanalisis dan pembahasan, persoalan yang terjadi di PT. Radio Geronimo diakibatkan dari kondisi lingkungan persaingan yang tidak menguntungkan kebanyakan radio saat ini. Hal tersebut membuat profitabilitas perusahaan turun dan mengharuskan perusahaan untuk mengambil tindakan penghematan biaya oprasional. Tindakan penghematan biaya oprasional ini juga meliputi tindakan untuk tidak adanya pengadaan dana perluasan dan penyewaan bangunan. Keterbatasan dana untuk penyewaan dan perluasan kantor, membuat fasilitas kantor tidak memadai. Konsekuensi dari tindakan tersebut mempengaruhi pengadaan tenaga kerja di PT. Radio Geronimo. Keterbatasan ruang kerja membuat perusahaan memutuskan tidak melakukan penerimaan karyawan baru, sehingga perusahaan mengalami kekurangan sumberdaya pekerja. Mengatasi masalah kekurangan SDM PT. Radio Geronimo membuat kebijakan baru yaitu efisiensi SDM. Kebijakan efisiensi SDM ini meliputi tindakan pembatasan penerimaan karyawan di PT. Radio Geronimo, memberikan kerja rangkap bagi sebagian karyawan di PT. Radio Geronimo dan perampingan struktur organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Kebijakan, Efisiensi SDM, Penghematan Biaya Oprasional dan Perampingan Struktur Organisasi.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:48
Last Modified: 01 May 2013 13:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item