DAYA TARIK HAN SO HEE SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER SOMETHINC DI AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL

Lais, Gisela Novenia (2023) DAYA TARIK HAN SO HEE SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER SOMETHINC DI AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gisela Novenia Lais)
180906570 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906570 1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906570 2.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
180906570 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img]
Preview
Text
180906570 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Popularitas dunia K-Pop dan K-Drama mempunyai dampak pada dunia kecantikan Indonesia (Sarosa, 2018). Pada masa Covid-19, skincare merek lokal juga semakin bermunculan atau mengeluarkan inovasi terbaru. Agar perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran, celebrity endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan (Lee dan Thorseon, 2008, dalam Adzharuddin dan Salvation, 2020, h.735). Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik Han So Hee sebagai celebrity endorser dari merek kecantikan lokal Somethinc pada akun Instagram @somethincofficial. Penggunaan celebrity endorser bisa memberikan dampak positif pada strategi periklanan. Namun, keberhasilannya ditentukan oleh komponen daya tarik dari celebrity endorser supaya penerima bisa dibujuk oleh pesan selebriti (Ohanian, 1990, dalam Onu, 2019, h.1967). Berkaitan dengan hal tersebut, Pada penelitian deskriptif kuantitatif ini, peneliti menggunakan teori daya tarik celebrity endorser. Daya tarik dari Han So Hee akan diukur dengan menggunakan tiga dimensi daya tarik yaitu similiarity, familiarity, dan likability. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang ditarik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Han So Hee memiliki daya tarik yang tinggi bagi follower @somethincofficial dengan nilai persentase deskriptif sebesar 78,95% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Daya tarik dari Han So Hee relevan dengan produk kecantikan Somethinc sehingga ia sesuai sebagai celebrity endorser Somethinc.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya tarik, celebrity endorser, Han So Hee
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 May 2023 18:02
Last Modified: 16 May 2023 18:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item