PERTIMBANGAN PENGGUNA ROKOK KONVENSIONAL YANG BERALIH MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa FISIP UAJY)

HIGAYON, AXEL (2023) PERTIMBANGAN PENGGUNA ROKOK KONVENSIONAL YANG BERALIH MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa FISIP UAJY). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AXEL HIGAYON)
180906640 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906640 1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906640 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906640 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
180906640 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan yang dilakukan oleh Mahasiswa FISIP UAJY yang menggunakan rokok konvensional beralih menggunakan rokok elektrik. Keberadaan rokok elektrik saat ini menjadi sebuah tren yang berhasil menarik minat mahasiswa sebagai penikmatnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertimbangan sosial, gaya hidup, motivasi, dan iklan. Objek penelitian ini adalah rokok elektrik berjenis pod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan penelitian terdahulu. Data yang diperoleh akan divalidasi menggunakan triangulasi sumber data dengan cara memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda untuk menggali data yang sejenis. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam melakukan pertimbangan beralih menggunakan rokok elektrik didasari faktor lingkungan (lingkungan keluarga), faktor lingkungan (lingkungan teman), faktor media, faktor ekonomi, dan faktor lingkungan (gaya hidup). Mahasiswa beralih menggunakan pod merasa bahwa menggunakan pod sebagai gaya hidup yang dilakukan, dengan menganggap agar terlihat lebih keren dari yang lainnya, serta beralih menggunakan pod sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal tersebut yang mendukung pertimbangan menggunakan rokok tembakau beralih menjadi menggunakan pod.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan, Rokok Konvensional, Rokok Elektrik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 May 2023 21:17
Last Modified: 17 May 2023 21:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item