PRAMONO, IGNASIA DYAH MANENGKEN (2023) PENGARUH AKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING AKUN TIKTOK @EATSAMBEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH FOLLOWERS AKUN TIKTOK @EATSAMBEL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (IGNASIA DYAH MANENGKEN PRAMONO)
180906655 0.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
180906655 1.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
180906655 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
180906655 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
180906655 4.pdf Download (831kB) | Preview |
Abstract
Sosial media sebagai media yang memberikan kehidupan baru bagi manusia di era yang serba digital dan modern ini, sehingga membuat perusahaan atau pemasar menggunakan kesempatan untuk memasarkan brand dan produknya di ranah media sosial. Ditemukan dalam beberapa penelitian menghasilkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini akan lebih mengarah kepada penggunaan akun online shop di sosial media TikTok sebagai media promosi brand dan produk sambal. TikTok sebagai salah satu sosial media yang sekarang ini digunakan tidak hanya untuk mencari hiburan dan bersosialisasi, akan tetapi TikTok dapat dimanfaatkan sebagai sosial media marketing oleh perusahaan dan pemasar. Pada penelitian ini akan lebih dibahas mengenai aktivitas social media marketing di TikTok terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh social media marketing (Variabel X) yang dilakukan oleh akun TikTok @eatsambel terhadap keputusan pembelian (Variabel Y) followers akun TikTok @eatsambel. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta kuesioner sebagai alat dari survei. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis regresi linear sederhana. Responden dari penelitian ini merupakan followers akun TikTok @eatsambel. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mendapatkan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terbukti bahwa ada pengaruh signifikan social media marketing dan keputusan pembelian. Pengaruh social media marketing akun TikTok @eatsambel terhadap keputusan pembelian followers akun TikTok @eatsambel sebesar 25,8% sedangkan sebesar 74,2% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain di luar dari penelitian ini. Hipotesi Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik social media marketing yang dilakukan oleh akun TikTok @eatsambel maka semakin tinggi pula keputusan pembelian followers akun TikTok @eatsambel
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Social Media Marketing, TikTok, Eatsambel, Keputusan Pembelian Followers |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 19 May 2023 17:06 |
Last Modified: | 19 May 2023 17:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29046 |
Actions (login required)
View Item |