PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGATASI PENURUNAN PENJUALAN TAS KERTAS PADA UMKM X

Tampubolon, Youone Felik Rivaldo (2022) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGATASI PENURUNAN PENJUALAN TAS KERTAS PADA UMKM X. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Youone Felik Rivaldo Tampubolon)
180609955_Bab 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180609955_Bab 1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180609955_Bab 2.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180609955_Bab 3.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
180609955_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
180609955_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
180609955_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
180609955_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
180609955_Bab 8.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

UMKM X merupakan perusahaan yang memproduksi produk berupa Tas Kertas dan sudah menjadi salah satu produsen tas kertas di Yogyakarta selama lebih dari 10 tahun. Selama tahun 2019, 2020, dan 2021 penjualan tas kertas oleh UMKM X mengalami penurunan sebesar 43,14%. Setelah itu dilakukan penggalian informasi dengan melakukan survey di lokasi dan wawancara 5 why’s terhadap stakholders pemilik, karyawan, dan konsumen. Ditemukan bahwa akar masalah dari terjadinya penurunan penjualan adalah konsumen menganggap penawaran oleh kompetitor lebih menarik dan promosi yang dilakukan oleh UMKM X dianggap kurang menarik. Berdasarkan akar permasalahan dan hasil wawancara, Critical Success Factor pada penelitian ini adalah menghasilkan ide solusi yang tidak mempengaruhi harga jual produk dan mampu memberi peluang untuk meningkatkan penjualan UMKM X, namun dapat meningkatkan daya tariknya dan keaktifannya dalam melakukan promosi, dengan tidak memerlukan keterlibatan karyawan sehingga dapat diatasi oleh pemilik. Penelitian diawali dengan melakukan peramalan dengan metode peramalan Single Moving Averages dan hasil menunjukkan bahwa pada periode selanjutnya akan tetap terjadi penurunan penjualan. Selanjutnya dilakukan pengumpulan alternatif-alternatif solusi, dengan menggunakan metode analisis marketing mix 4’s untuk menentukan berbagai alternatif yang dapat menjadi ide solusi. Dari alternatif-alternatif tersebut, dilakukan pemilihan ide solusi terbaik dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan ide solusi terpilih adalah menghasilkan ide promosi, dengan perolehan total skor 0,45. Untuk merancang ide promosi, dilakukan perbandingan terhadap beberapa metode analisis yaitu SWOT, 5 forces analysis, STP, dan Value Chain. Tujuan dari perbandingan tersebut adalah menentukan metode yang tepat untuk menganalisis positioning terhadap kegiatan pemasaran UMKM X. Hasil perbandingan menunjukkan SWOT merupakan metode analisis yang cocok terhadap permasalahan. Melalui analisis SWOT diperoleh beberapa 4 strategi yang dapat meningkatkan penjualan dengan penerapan ide promosi. Ide promosi berupa menggunakan konten promosi dan penjadwalan promosi setiap 5 hari, diterapkan selama 16 hari (2 minggu). Setelah dilakukan pengamatan, diperoleh hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa diperoleh 9 calon konsumen yang melihat promosi pada marketplace Shopee, 15 calon konsumen yang melihat promosi pada marketplace Tokopedia, 748 calon konsumen yang melihat promosi pada media sosial Instagram dengan feedback 25 likes dan 1 comment, dan 25 calon konsumen yang melihat promosi pada media sosial TikTok dengan feedback 4 likes. Jika dibandingkan dengan sebelum penerapan ide ini, kedatangan calon konsumen dan feedback yang diperoleh mengalami peningkatan hingga lebih dari 100%. Selain itu penjadwalan yang dilakukan sudah disesuaikan dengan kesanggpuan dari pemilik sehingga karyawan tidak perlu terlibat. Penjadwalan selama 5 hari juga dapat meningkatkan keaktifan UMKM X dalam melakukan promosi dibandingkan dengan sebelumnya. Peningkatan kedatangan calon konsumen dan feedback menunjukkan ide promosi yang diterapkan menunjukkan adanya peningkatan terhadap interaksi konsumen. Peningkatan interaksi tersebut, memicu peningkatan terhadap minat beli konsumen sehingga berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penurunan penjualan, peluang, tas kertas, promosi, SWOT, calon konsumen
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Jun 2023 20:36
Last Modified: 08 Jun 2023 20:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item