PERANCANGAN PRESCHOOL (INKLUSI) UNTUK ANAK DOWN SYNDROME DENGAN PENDEKATAN MULTISENSORI DI YOGYAKARTA

Antriningsih, Alexandra Nyoman Ayu (2023) PERANCANGAN PRESCHOOL (INKLUSI) UNTUK ANAK DOWN SYNDROME DENGAN PENDEKATAN MULTISENSORI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alexandra Nyoman Ayu Antriningsih)
190117554_Bab 0.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117554_Bab 1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117554_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117554_Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190117554_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
190117554_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190117554_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini penting untuk membantu tumbuh kembang anak, dikarenakan pada masa ini perkembangan intelektual anak sangat pesat. Namun pada kenyataannya, anak yang lahir ke dunia tidak semua terlahir dengan keadaan normal atau berkebutuhan khusus, salah satunya penyandang down syndrome. Semua anak dengan latar belakang yang dimiliki, berhak untuk mendapat pendidikan. Permasalahan yang terjadi ialah anak down syndrome memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan anak normal seusianya. Untuk menyikapi hal tersebut, terbentuklah ide perancangan preschool inklusi. Tujuan dari Preschool inklusi untuk anak down syndrome ialah menjadi tempat bersosialisasi, bertumbuh, dan berkembang anak down syndrome dengan teman seusianya. Penerapan pendidikan inklusi ialah menyatukan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dengan anak normal, dengan harapan pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti anak normal lainnya. Hal tersebut juga diharapkan pada proyek preschool inklusi ini, selain untuk membantu tumbuh kembang anak down syndrome, juga untuk menumbuhkan rasa empati anak sejak dini. Perancangan Preschool Inklusi untuk Anak Down Syndrome menggunakan pendekatan multisensori. Anak down syndrome memiliki kelemahan dalam daya ingat dan pembelajaran, pendekatan multisensori dapat membantu dalam permasalahan ini dengan mempengaruhi indera peserta didik. Dalam penerapan pendekatan multisensori, perancangan tetap menyesuaikan dengan karakter anak down syndrome

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Preschool, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Inklusi, Anak DownSyndrome, Multisensori
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Jun 2023 17:49
Last Modified: 20 Jun 2023 17:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29151

Actions (login required)

View Item View Item