Antriningsih, Alexandra Nyoman Ayu (2023) PERANCANGAN PRESCHOOL (INKLUSI) UNTUK ANAK DOWN SYNDROME DENGAN PENDEKATAN MULTISENSORI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Alexandra Nyoman Ayu Antriningsih)
190117554_Bab 0.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
190117554_Bab 1.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
190117554_Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
190117554_Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
190117554_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
Text
190117554_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
190117554_Bab 6.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini penting untuk membantu tumbuh kembang anak, dikarenakan pada masa ini perkembangan intelektual anak sangat pesat. Namun pada kenyataannya, anak yang lahir ke dunia tidak semua terlahir dengan keadaan normal atau berkebutuhan khusus, salah satunya penyandang down syndrome. Semua anak dengan latar belakang yang dimiliki, berhak untuk mendapat pendidikan. Permasalahan yang terjadi ialah anak down syndrome memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan anak normal seusianya. Untuk menyikapi hal tersebut, terbentuklah ide perancangan preschool inklusi. Tujuan dari Preschool inklusi untuk anak down syndrome ialah menjadi tempat bersosialisasi, bertumbuh, dan berkembang anak down syndrome dengan teman seusianya. Penerapan pendidikan inklusi ialah menyatukan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dengan anak normal, dengan harapan pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti anak normal lainnya. Hal tersebut juga diharapkan pada proyek preschool inklusi ini, selain untuk membantu tumbuh kembang anak down syndrome, juga untuk menumbuhkan rasa empati anak sejak dini. Perancangan Preschool Inklusi untuk Anak Down Syndrome menggunakan pendekatan multisensori. Anak down syndrome memiliki kelemahan dalam daya ingat dan pembelajaran, pendekatan multisensori dapat membantu dalam permasalahan ini dengan mempengaruhi indera peserta didik. Dalam penerapan pendekatan multisensori, perancangan tetap menyesuaikan dengan karakter anak down syndrome
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Preschool, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Inklusi, Anak DownSyndrome, Multisensori |
Subjects: | Arsitektur > Teknologi Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 17:49 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 17:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29151 |
Actions (login required)
View Item |