STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT DELTOMED LABORATORIES DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MINUMAN KOJIMA SEBAGAI MINUMAN MADU HABBATUSSAUDA PERTAMA DI INDONESIA

SANTOSO, GLORIA ALICIA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT DELTOMED LABORATORIES DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MINUMAN KOJIMA SEBAGAI MINUMAN MADU HABBATUSSAUDA PERTAMA DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GLORIA ALICIA SANTOSO)
190906940 0.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906940 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906940 2.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
190906940 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img]
Preview
Text
190906940 4.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Deltomed Laboratories dalam membangun brand image Minuman Kojima sebagai minuman madu habbatussauda pertama di Indonesia. Terdapat beberapa tahap dalam strategi komunikasi pemasaran, yaitu tahap pemindaian lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan control. Penelitian ini lebih berfokus pada tahap perumusan strategi, dikarenakan strategi komunikasi pemasaran Minuman Kojima masih dalam tahap merumuskan. Peneliti memilih pendekatan fenomenologi dengan dasar karena ingin mengetahui secara jelas mengenai peristiwa atau fenomena pada saat proses perumusan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Deltomed Laboratories. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi, dimana observasi dilakukan dengan pengamatan dan keterlibatan secara langsung di PT. Deltomed Laboratories selama tiga bulan, melakukan observasi pada pemasaran Deltomed melalui sosial media Kojima, serta mengunjungi toko-toko yang menjual produk Kojima. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa taktik komunikasi pemasaran Minuman Kojima yang ada dalam tahap perumusan sudah sesuai dengan ekspetasi dan konsep perumusan taktik komunikasi pemasaran, yaitu dengan membangun brand image Minuman Kojima sebagai Minuman Madu Habbatussauda pertama di Indonesia. Pertama, penetapan misi. Adapun penetapan misi dengan landasan dari adanya Minuman Kojima adalah sebagai pemenuhan kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat adanya minuman siap saji yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Kedua, penetapan tujuan yaitu terkait dengan mengkomunikasikan pada masyarakat bahwa Minuman Kojima merupakan produk minuman madu habbatussauda pertama yang ada di Indonesia. Ketiga, penetapan taktik, dilakukan dengan press release, social media advertising, out of home (OOH), point of purchase (POP) pada Supermarket lokal area Jawa Timur dan promosi penjualan. Keempat, penetapan kebijakan, dimana terkait dengan memperhatikan men (pihak-pihak yang bertanggung jawab atas riset, pengembangan dan pengelolahan produk), money (perencanaan sumber daya dana), materials (ketersediaan bahan baku utama habbatussauda), machines (pengelolaan dengan mesin untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja), dan market (model pemasaran seperti POP, OOH, dan lain sebagainya, serta branding strategy).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Minuman Kojima
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 28 Jun 2023 21:41
Last Modified: 28 Jun 2023 21:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29193

Actions (login required)

View Item View Item