PENGARUH PEMILIHAN MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KARYAWAN MENGENAI LOGO BARU DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI (DAOP) 6 YOGYAKARTA

Herfangsyah, Laurentia Liliani (2013) PENGARUH PEMILIHAN MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KARYAWAN MENGENAI LOGO BARU DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI (DAOP) 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03526.pdf

Download (1974Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03526.pdf

Download (263Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03526.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03526.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03526.pdf

Download (96Kb)

Abstract

Pemilihan media internal sangat berperan penting dalam keberhasilan penyampaian informasi yang ada di dalam perusahaan. Terutama apabila ada kebijakan baru yang ingin disampaikan oleh pihak perusahaan kepada karyawannya, pemilihan media internal dianggap memiliki peran yang sangat penting. Harapan yang ingin dibentuk oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) salah satunya adalah dengan menyediakan media-media internal yang baik dalam tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada karyawan. Di dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat ada tidaknya hubungan antara pemilihan media internal terhadap tingkat pemahaman karyawan. Topik ini dirasa penting karena, perusahaan harus memastikan informasi yang disampaikan kepada karyawan dapat sampai ke karyawan, tidak hanya pada titik sampai ke karyawan, pihak perusahaan harus memastikan para karyawan paham akan informasi yang disampaikan pihak perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman karyawan adalah dengan menggunakkan media internal yang tepat sebagai proses penyampaian informasi tersebut. Media internal yang digunakan harus sesuai dengan tujuan yang dimiliki oleh pihak perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatif, dengan pendekatan kuantitarif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode survey menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 94 orang, dimana 94 orang tersebut adalah orang-orang yang terdaftar sebagai karyawan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terutama pada Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pemilihan media internal memiliki hubungan dengan tingkat pemahaman. Selain itu, hubungan keduanya menjadi semakin erat dengan adanya variable control, yakni intensitas mengakses media dan kualitas media internal tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada kasus penyampaian informasi mengenai logo perusahaan yang baru di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta dikatakan berhasil, karena menciptakan tingkat pemahaman di kalangan karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemilihan media internal dan tingkat pemahaman.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:52
Last Modified: 01 May 2013 09:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item