EFEKTIVITAS IKLAN BERDASARKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif Iklan YouTube Pantene Indonesia #Rambutkecharged versi Keanu Angelo pada Followers Akun Instagram @panteneid)

PUSPITA, DEVI (2023) EFEKTIVITAS IKLAN BERDASARKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif Iklan YouTube Pantene Indonesia #Rambutkecharged versi Keanu Angelo pada Followers Akun Instagram @panteneid). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DEVI PUSPITA)
190907039 0.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907039 1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907039 2.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
190907039 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
190907039 4.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan komunikasi, alur komunikasi sangat penting untuk menentukan bagaimana sebuah pesan komunikasi dapat tersampaikan. Salah satunya adalah dengan teori SOR yang dapat menjelaskan bagaimana alur komunikasi yang akhirnya dapat menyebabkan respon dari konsumen yang menjadi kunci keberhasilan komunikasi tersebut. Implementasi teori SOR, salah satunya dapat dilihat pada aktivitas komunikasi pemasaran yakni iklan. Iklan berperan penting untuk menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan target konsumennya. Di tengah persaingan perusahaan yang semakin ketat pada era digital ini, iklan banyak disebarkan melalui media sosial dengan konsep yang kreatif. Pantene Indonesia melewati persaingan tersebut dengan membuat terobosan dengan konsep beriklan terbaru pada media sosial, YouTube. Pada penelitian ini, fokus Peneliti adalah untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas iklan YouTube #Rambutkecharged Pantene Indonesia versi Keanu Angelo berdasarkan perhitungan Customer Response Index (CRI) dengan konsep AISAS untuk menyesuaikan kondisi digital saat ini. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian yaitu kuesioner yang ditujukan pada 100 followers akun Instagram @panteneid untuk mempermudah penjangkauan responden. Melalui kuesioner tersebut, Peneliti berusaha menggali respon audiens yang berlandaskan pada tahapantahapan AISAS yakni, attention, interest, search, action, dan share yang hasilnya akan saling memengaruhi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan melalui respon konsumen yang didapatkan iklan Pantene Indonesia #Rambutkecharged versi Keanu Angelo memiliki efektivitas yang rendah ditujukan dari hasil perhitungan CRI AISAS 3,5%, CRI AISS 7,8%, CRI AIAS 9,7%, dan CRI AIS 21,4%. Namun, iklan tersebut memiliki efektivitas yang tinggi dalam memberikan informasi dan menarik audiens yang ditandai dengan hasil attention sebesar 94,3% dan interest sebesar 67,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas iklan, CRI, AISAS, YouTube, Pantene Indonesia
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Jun 2023 18:17
Last Modified: 30 Jun 2023 18:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29204

Actions (login required)

View Item View Item