PROSES IMITASI GENERASI MUDA KOTA PONTIANAK DALAM MEMBELI DAN MENGGUNAKAN PAKAIAN BEKAS DI THRIFT SHOP

RAMADHANTY, GHEAVANI (2023) PROSES IMITASI GENERASI MUDA KOTA PONTIANAK DALAM MEMBELI DAN MENGGUNAKAN PAKAIAN BEKAS DI THRIFT SHOP. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GHEAVANI RAMADHANTY)
161006163 0.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006163 1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006163 2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
161006163 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
161006163 4.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada generasi muda di Kota Pontianak yang sedang marak menggemari berbelanja di Thrift Shop. Selain itu berdasarkan pengamatan awal penulis di sosial media Instagram, banyak ditemui akun online thrift shop yang menjual pakaian bekas. Berdasarkan fenomena tersebut dapat diketahui bahwa semakin banyak yang meminati kegiatan membeli pakaian bekas yang sedang populer di kalangan generasi muda. Adapula alasan mereka membeli pakaian bekas karena mengikuti trend thrifting saat ini dan gaya fashion dari sosok yang menjadi role model atau influencer yang mereka ikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap proses imitasi yang terjadi pada generasi muda di Pontianak sehingga mereka mau membeli dan menggunakan pakaian bekas. Informan dalam penelitian ini adalah sepuluh generasi muda yang tinggal di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknink snowball sampling. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan observasi dan wawancara yang dilengkapi dengan melakukan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh ini, dipilah, direduksi, dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian tentang proses imitasi generasi muda di Pontianak dalam membeli dan menggunakan pakaian bekas dilalui berdasarkan tiga indicator proses imitasi. Tiga indikator tersebut yaitu, adanya minat, kekaguman dan penghargaan sosial. Pada minat generasi muda di Pontianak banyak dipengaruhi oleh lingkungan terdekat seperti teman dan keluarga yang membuat minat mereka tumbuh untuk membeli dan menggunakan pakaian bekas. Kekaguman generasi muda di Pontianak untuk membeli dan menggunakan pakaian bekas timbul karena adanya sosok yang menjadi rujukan atau sosok idola yang dijadikan panutan dalam tindakannya. Selain itu terdapat penghargaan sosial dalam bentuk pujian yang mereka terima ketika menggunakan dan membeli pakaian bekas yang memperkuat tekad mereka untuk membeli dan menggunakan pakaian bekas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses imitasi, pakaian bekas, generasi muda
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Jul 2023 15:43
Last Modified: 11 Jul 2023 15:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item