TINGKAT KEBUTUHAN DAN KEPUASAN DALAM MENGAKSES MEDIA INFORMASI ORGANISASI (Perbedaan Tingkat Kebutuhan dan Kepuasan Menggunakan Media Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2008 dalam Mengakses Akun Twitter @uajy)

Sari, Lusiana Desy Puspita (2013) TINGKAT KEBUTUHAN DAN KEPUASAN DALAM MENGAKSES MEDIA INFORMASI ORGANISASI (Perbedaan Tingkat Kebutuhan dan Kepuasan Menggunakan Media Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2008 dalam Mengakses Akun Twitter @uajy). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03532.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03532.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03532.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepuasan menggunakan media oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UAJY angkatan 2008 sebagai media informasi organisasi dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat kebutuhan dan kepuasan menggunakan media jika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UAJY angkatan 2008. Adapun teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian yakni komunikasi organisasi, new media, media sosial sebagai media komunikasi organisasi, twitter, jenis kelamin, uses and gratification theory, dan tingkat kebutuhan serta kepuasan dalam menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey yang bersifat bersifat kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UAJY angkatan 2008 yang menjadi followers akun twitter @uajy dan jumlah sampelnya sebanyak 119 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan diolah dengan distribusi frekuensi serta uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan menggunakan media oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY angkatan 2008 tergolong sedang atau cukup puas, terdapat perbedaan signifikan tingkat kebutuhan akan informasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan ( = -2,259; = 0,026<0,05), tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kebutuhan akan prestasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan ( = -1,049; = 0,296>0,05) dan tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan menggunakan media antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan ( = -1,611; = 0,110>0,05). Dari beberapa hipotesis penelitian, hanya satu hipotesis yang terbukti yaitu terdapat perbedaan signifikan tingkat kebutuhan akan informasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mempertahankan atau memaksimalkan media twitter sebagai media informasi organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kebutuhan, tingkat kepuasan dan twitter
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 11:01
Last Modified: 01 May 2013 09:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item